10 Cara Foto dengan HP Android untuk Hasil Aesthetic

Berbagai merk HP saat ini berlomba-lomba merilis smartphone dengan fitur kamera canggih. Salah satu alasannya karena fotografi melalui ponsel pintar saat ini semakin diminati. Terdapat cara foto dengan HP yang baik agar hasilnya maksimal bahkan layaknya profesional.

Hal tersebut pada dasarnya bisa dipelajari asal tekun dan bersabar agar nantinya bisa menjadi hobi yang menghasilkan uang. Bahkan jika Anda memiliki bisnis online pun skill fotografi smartphone akan sangat berguna untuk memotret produk. 

10 Cara Foto dengan HP untuk Hasil yang Profesional

Resolusi kamera HP Android yang tinggi bisa tidak ada artinya jika kurang mampu memanfaatkannya dengan baik. Padahal, fitur tersebut memungkinkan Anda menghasilkan foto yang tidak kalah dengan para profesional. Lalu, apa saja cara foto dengan HP agar hasilnya bagus?

1. Mempertimbangkan Arah Cahaya

Umma.ID
Sebelum memotret objek, ada berbagai hal yang tidak boleh luput dari pandangan. Salah satunya adalah lighting atau pencahayaan yang perannya sangat krusial dalam hal fotografi smartphone. Manfaatkan bantuan cahaya dari samping atau belakang sampai terasa pas. 

Pada dasarnya, Anda tidak hanya bisa menggunakan cahaya matahari yang dikenal sebagai sumber pencahayaan alami. Tidak ada salahnya memanfaatkan cahaya lampu agar objek lebih terlihat jelas, terang, dan mencolok. 

2. Dekatkan HP ke Objek untuk Hasil Detail

Jika menggunakan kamera digital, tindakan zoom sebelum memotret gambar masih bisa dimaklumi. Hal ini berbeda jika Anda mengandalkan HP Android sebagai alat tempur utama fotografi. Salah satu kelemahan utamanya memang pada resolusi. 

Oleh karena itu, sebaiknya dekatkan HP ke objek foto jika ingin mendapatkan hasil yang detail dan tajam. Sedangkan jika melakukan zoom, gambar akan terlihat kurang tajam, pecah, dan buram. Jadi, jangan ragu untuk bergerak lebih dekat menuju objek yang hendak difoto. 

3. Mengatur Kecepatan Shutter

camerajabber.com
Tidak sedikit pengguna Android yang kurang memahami bahwa dalam smartphonenya terdapat pengaturan shutter. Fitur tersebut akan sangat berguna bagi yang sedang mempelajari cara foto dengan HP agar hasilnya maksimal. 

Namun agar pengaturan lebih mudah dilakukan, Anda bisa mengunduh aplikasi pengatur shutter kamera di Playstore. Setelah terinstall, silahkan atur shutter speed misalnya menjadi 1 detik, 2 detik, atau 5 detik sesuai kebutuhan. 

4. Mengatur Tinggi ISO

Meski tidak secanggih kamera digital terkini, HP Android juga memiliki setelan ISO. Adapun fitur tersebut berguna untuk mengatur sensitivitas lensa terhadap cahaya dan begitu pun sebaliknya. Dengan demikian, pengaturan ISO kamera sangat dipengaruhi oleh cahaya di sekitarnya. 

Jika cahaya di dekat objek terhitung cukup, maka atur ISO menjadi lebih rendah. Jika kondisi sektar minim cahaya, maka tingkatkan ISO. Hasilnya, objek yang dipotret puyn akan terlihat jelas dan minim noise. 

5. Memanfaatkan Fitur HDR dengan Tepat

okezone.com
Cara foto estetis dengan HP berikutnya adalah mematikan dan menyalakan HDR di saat yang tepat. Fitur ini pada dasarnya bisa mengatur tingkat pencahayaan lebih dinamis terhadap objek. HDR bisa menjadi solusi ketika Anda belum terlalu mahir menentukan angle pencahayaan yang ideal. 

HDR akan meningkatkan lighting secara otomatis sesuai kondisi dan kebutuhan objek. Tak heran jika nantinya foto yang dihasilkan lebih terang dibanding tanpa mengaktifkan HDR. 

6. Menggunakan HP Android yang Mendukung

Beberapa vendor smartphone Android ada yang merilis tipe baru ponsel pintarnya. Adapun fitur yang diunggulkan pun berbeda-beda. Ada yang dari segi chipset yang kencang, fitur NFC terbaru, kamera resolusi tinggi, dan sebagainya. 

Jika hendak mendalami fotografi smartphone, maka pilihlah tipe HP Android yang tepat dan mendukung. Saat ini sudah cukup banyak smartphone yang memungkinkan pemotretan objek dengan hasil profesional. Namun, tetap harus mempertimbangkan sesuai budget ya.

7. Mencoba Angle yang Ekstrem

gizmologi.id
Salah satu kelebihan smartphone dibanding kamera digital adalah dari segi bobotnya yang jauh lebih ringan. Hal ini sebaiknya dimanfaatkan untuk mengambil gambar dari angle yang lebih beragam. Jangan takut untuk bereksplorasi mengambil angle ekstrem. 

Dengan bentuk smartphone yang lebih simple, Anda bisa memotret di atas tanah tanpa harus tiarap seperti pengguna kamera digital. Tidak hanya itu, memotret dengan ketinggian yang curam pun bisa dilakukan agar hasil foto tidak mainstream.

8. Penggunaan Flash secara Bijak

Memotret menggunakan flash memang sah-sah saja asalkan dilakukan di saat yang tepat. Hal ini karena cahaya dari flash bisa mengurangi kesan dan efek yang hendak ditonjolkan dari sebuah foto.

Mengambil gambar tanpa cahaya kilat dari ponsel tersebut bisa membuat hasilnya lebih natural. 

Adapun jika ingin menggunakan flash sebaiknya dalam kondisi objek kekurangan cahaya. Jika Anda berada di area dengan cahaya yang sangat rendah dan gelap, sebaiknya tidak hanya mengaktifkan flash. Melainkan juga peningkatan ISO dan eksposur agar hasilnya maksimal. 

9. Tidak Mengabaikan Detail Kecil

custommebel.com
Pada dasarnya, sebuah objek foto bisa dipotret dengan sangat indah jika Anda cermat memperhitungkan detail kecil. Bahkan sekecil apapun yang kebanyakan orang mengabaikannya. Bisa jadi sebuah foto yang terlihat biasa sebenarnya bisa menarik jika memperhatikan detail kecilnya. 

Tak jarang objek tertentu terdistorsi melalui objek tertentu. Padahal jika men-capture detail-detail kecil di dalamnya, hasilnya bisa sangat menakjubkan. 

10. Menggunakan Lensa Eksternal (Opsional)

Gadget tambahan untuk lensa kamera ternyata ada yang bisa digunakan untuk smartphone. Anda bisa mencarinya di berbagai marketplace yang menawarkan lensa tammbahan. Benda tersebut nantinya bisa memberikan efek tersendiri untuk hasil foto. 

Namun, sebaiknya memang harus rela membeli lensa tambahan yang agak menguras kantong. Hal ini karena yang harganya murah biasanya memiliki kualitas lensa di bawah rata-rata. Bahkan di bawah standar kamera HP bawaan. 

Cara foto dengan HP memang perlu dipelajari di era perkembangan gadget saat ini. Terutama bagi Anda yang tertarik di bidang fotografi smartphone karena lebih simple dan tidak kalah keren. Jangan menyerah untuk terus mencoba dan posting hasil foto menakjubkan Anda di media sosial!

Dukung kami untuk terus menyajikan berita dan informasi kepada anda, dengan cepat dan tanpa iklan.

Donasi via Sociabuzz