10 Cara Mengambil Foto Produk untuk Jualan Online Agar Laris Manis

Perkembangan teknologi gadget saat ini membuat cara mengambil foto produk untuk jualan online semakin mudah. Bahkan Anda bisa mempelajari tekniknya sehingga tidak perlu menyewa jasa fotografi. Namun, tentunya pengambilan foto produk tidak bisa dilakukan sembarangan. 

Tidak seperti bisnis zaman dulu, saat ini keberadaan foto produk sangat krusial. Untuk bisnis UMKM hal ini bisa dimanfaatkan sebagai sarana marketing efektif di media sosial. Anda bisa menjangkau calon pelanggan yang lebih luas jika memasarkan produk atau jasa secara online. 

10 Cara Mengambil Foto Produk untuk Jualan Online 

Penggunaan sosial media yang semakin masif saat ini merupakan peluang besar bagi pemilik bisnis di rumah. Anda bisa menggaet banyak pelanggan sekaligus ketika memposting foto produk di IG, Facebook, Twitter, dan sebagainya. Lalu, apa saja tips efektif mengambil foto produk?

1. Background Foto Minimalis

Background Foto Minimalis
Pada dasarnya, background foto minimalis dengan satu warna universal bisa menjadi pilihan tepat. Misalnya dengan menjadikan warna putih sebagai latar belakang, hampir semua produk akan terlihat cocok. 

Anda bisa membuat studio mini sendiri sehingga biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Terlebih bisnis online yang dijalani termasuk baru. Selain putih, warna lainnya yang bisa digunakan misalnya cream dan abu muda. 

Pastikan warna yang dipilih tampak dominan dan terlihat soft agar tidak bertabrakan dengan objek foto utama. Tidak sedikit jasa fotografi profesional yang menggunakan prinsip ini. Namun, tentunya background foto minimalis dan fungsional bisa dibuat sendiri untuk hasil memuaskan dan hemat.

2. Menggunakan Model untuk Produk Tertentu

Cara mengambil foto produk untuk jualan online tidak hanya seputar teknik pemotretannya saja. Anda juga perlu mempertimbangkan keberadaan model untuk jenis produk tertentu. Misalnya jika menjual produk fashion, tentunya akan lebih menarik jika pakaian tersebut diperagakan model.

Jika dana terbatas untuk membayar jasa model, Anda juga bisa memanfaatkan manekin. Hal ini dilakukan agar calon pelanggan memiliki gambaran pemakaian produk fashion yang ditawarkan. Penggunaan model tidak hanya efektif untuk fashion, melainkan produk lainnya juga. 

Misalnya skincare, obat pelangsing, dan sebagainya akan lebih meyakinkan jika disertai model. Untuk model itu sendiri sebenarnya tetap bisa menggunakan trik agar lebih hemat. Misalnya dengan meminta tolong kepada teman, saudara, atau diri Anda sendiri sebagai modelnya.

3. Setting Kamera secara Maksimal

Setting Kamera
Pengambilan gambar baik itu dengan kamera digital maupun kamera smartphone keduanya bisa menghasilkan foto produk yang menakjubkan. Salah satu kuncinya adalah Anda harus menggunakan pengaturan kamera secara maksimal. 

Pilih resolusi yang paling bagus dan gunakan filter bawaan secara bijak jika dibutuhkan. Oleh karena itu, pahami terlebih dahulu kamera yang hendak digunakan agar kualitas foto memuaskan dan layak diposting.

4. Memotret dari Berbagai Sudut

Hindari mengambil foto produk dengan satu angle saja. Sebenarnya, hal ini merupakan trik dasar yang tentunya sangat penting untuk menghasilkan foto berkualitas. Konsumen biasanya ingin melihat gambar produk dari berbagai sisi. 

Selain itu, tampilan foto produk akan lebih menarik dan unik ketika diposting. Misalnya jika Anda hendak menguploadnya di feed Instagram, disarankan untuk memotret dari berbagai angle.

5. Tidak Perlu Melakukan Zoom

Tidak Melakukan Zoom
Beberapa pengambilan foto produk memang perlu dilakukan secara dekat. Namun, bukan berarti Anda harus mengambil jalan pintas dengan melakukan zoom. Sebaiknya lakukan effort lebih dengan mendekatkan kamera ke objek. 

Jika tetap melakukan zoom, maka resolusi foto akan terpecah sehingga tampilannya kurang tajam. Terlebih jika objek foto memiliki detail yang cukup banyak. Tentunya, foto tampak kurang profesional jika sedikit pecah karena zoom. 

6. Memanfaatkan Pencahayaan yang Cukup

Hindari memotret produk di saat cuaca mendung, terlebih jika Anda tidak memiliki alat pencahayaan otomatis. Sebagian besar UMKM masih mengandalkan foto di outdoor dengan memanfaatkan pencahayaan alami. 

Oleh karena itu, pastikan hanya memotret ketika kondisi cahaya di sekitar cukup bagus. Dengan demikian, hasil foto produk pun terlihat jelas dan profesional. 

7. Menentukan Tema Spesifik

Menentukan Tema Foto
Cara mengambil foto produk untuk jualan online bagi pemula yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Tentukan tema pemotretan agar calon konsumen memahami gambaran produk dengan tepat. Pengambilan foto tanpa tema akan membuat produk tampak ambigu untuk beberapa kondisi.  

Jika sudah menemukan tema spesifik, selanjutnya siapkan berbagai macam properti yang dibutuhkan agar hasilnya maksimal. Perlu diingat bahwa properti disini tidak selalu harus menguras biaya untuk membelinya. Anda juga bisa memanfaatkan benda-benda yang ada namun tetap fungsional untuk tema pemotretan. 

8. Pahami Timing Menekan Shutter

Fotografer profesional tentunya mengenali waktu jeda yang tepat ketika memencet shutter kamera. Lalu, apakah hal ini mungkin dilakukan oleh pemula? Tentunya hal ini bisa dilakukan asal mau berlatih mengambil beberapa foto produk terlebih dahulu. 

Teruslah praktek sampai Anda menemukan waktu jeda yang ideal ketika memencet shutter. Hal ini penting dipelajari agar hasil foto produk tidak blur. 

9. Mengedit Hasil Foto Produk

Edit Hasil Foto
Cara foto produk aesthetic untuk jualan online tidak lepas dari pengeditan. Meski pada beberapa hasilnya mungkin sudah layak diposting tanpa harus diedit. Namun, sebaiknya untuk pemula perlu memaksimalkan hasil foto produk dengan menggunakan tools editing secara bijak. 

Gunakan beberapa efek tambahan atau pengaturan lainnya sampai hasil foto tampak memuaskan. Hindari terlalu berlebihan melakukan pengeditan karena akan membuatnya terlihat kurang profesional. 

10. Menambahkan Tanda Air

Sayangnya, masih banyak aksi penggunaan foto produk tanpa izin pemilik aslinya. Tak jarang hal ini menimbulkan kerugian yang tidak sedikit. Oleh karena itu, jangan lupa gunakan watermark pada hasil foto yang sudah susah payah dilakukan.

Terutama jika Anda hendak mempostingnya ke media sosial yang tentunya mudah ditemukan oleh orang lain. 

Beberapa cara mengambil foto produk untuk jualan online di atas bisa dipraktikkan oleh UMKM atau pebisnis lainnya. Manfaatkan kamera digital yang dimiliki atau bahkan smartphone untuk menghasilkan foto produk profesional. 

Dukung kami untuk terus menyajikan berita dan informasi kepada anda, dengan cepat dan tanpa iklan.

Donasi via Sociabuzz