3 Cara Memilih HP dengan Kamera yang Bagus untuk Menunjang Hobi Fotografi

HP saat ini tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja, melainkan bisa menunjang berbagai jenis hobi. Salah satunya adalah fotografi smartphone yang pada dasarnya bisa dipelajari sendiri. Namun, Anda juga perlu mengetahui cara memilih HP dengan kamera yang bagus. 

Fitur kamera yang mumpuni tentunya bisa menunjang kegiatan memotret objek yang lebih baik. Sudah cukup banyak tipe ponsel yang dikeluarkan vendor tertentu dan mengklaim fitur kameranya mumpuni. Lalu, bagaimana cara memilihnya agar tidak salah? Simak ulasannya di bawah ini. 

3 Cara Memilih HP dengan Kamera yang Bagus

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak yang sadar bahwa mengambil foto dengan HP pun tidak boleh asal. Terlebih jika ingin mempostingnya di feed Instagram atau media sosial lainnya. Bagi Anda yang sedang mencari HP dengan kamera yang mumpuni, simak tipsnya berikut ini. 

1. Menonton Reviewnya di Channel Gadget Terpercaya

Foto: rumah123.com
Teknologi yang semakin maju membuat penyebaran informasi semakin mudah dilakukan. Misalnya melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, dan tentu saja Youtube. Ketika hendak membeli smartphone, banyak yang mencari reviewnya terlebih dahulu di aplikasi konten video tersebut. 

Anda juga bisa melakukannya ketika mengincar suatu tipe smartphone yang menjanjikan fitur kamera canggih. Namun, pastikan untuk menonton di channel yang terpercaya dan memberikan review secara lengkap. 

Review melalui konten video memang kerap kali dilakukan sebelum membeli gadget impian. Terlebih ulasan dalam bentuk teks dirasa kurang memuaskan. Adapun beberapa channel Youtube yang direkomendasikan misalnya GadgetIn, Putu Reza, Bang Ripiu, dan sebagainya. 

2. Meminta Saran Kepada Teman/Saudara yang Paham Gadget

Foto: halobdg.com
Cara memilih HP dengan kamera yang bagus juga bisa dilakukan dengan bertanya terlebih dahulu kepada orang yang sekiranya paham. Misalnya pada teman atau saudara yang dikenal memiliki pengetahuan yang cukup bagus mengenai gadget dan fitur-fiturnya. 

Biasanya dengan senang hati mereka akan memberikan saran serta plus minus produk smartphone tersebut. Adapun cara ini memang tidak bisa dijadikan patokan mutlak karena Anda tetap harus mempertimbangkan hal lainnya. 

Setelah mengetahui tipe HP yang disarankan, selanjutnya Anda bisa melihat review singkatnya terlebih dahulu. Jadi, tidak perlu sungkan bertanya atau meminta saran pada teman atau kerabat yang mengerti hal seputar gadget ya.

3. Mempelajari Tolak Ukur Fitur Kamera HP Canggih

Foto: pocket-lint.com
Mungkin Anda pernah melihat iklan smartphone yang mengklaim punya kualitas kamera super bagus. Saat hendak membelinya di gerai tertentu pun biasanya pihak sales akan terus memuji produk yang ditawarkan. 

Namun, perlu diingat bahwa diri Anda sendiri perlu memahami apa saja fitur-fitur yang ada pada kamera HP. Perhatikan keberadaan fitur tersebut apakah benar-benar bisa menunjang kegiatan fotografi smartphone atau tidak. Adapun beberapa fitur yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut.

  • Fitur Stabilizer

Stabilizer pada smartphone terdiri dari EIS (Electronic Image Stabilizer) dan OIS (Optical Image Stabilizer). Keduanya bisa menstabilkan proses pengambilan gambar agar tidak goyang sehingga hasilnya tetap fokus. 

Adapun untuk EIS sendiri diletakkan pada program lensa, sedangkan OS pada lensa itu sendiri. Kamera HP dengan stabilizer tentunya sangat dibutuhkan, bahkan ketika merekam video pun akan sangat terasa manfaatnya.

  • Fixed Focus

Fitur yang satu ini berfungsi untuk memfokuskan objek sehingga hasil foto tidak blur. Fitur yang biasa disingkat FF ini biasanya ditempatkan pada kamera dengan lensa berukuran kecil. Dengan demikian, tipe kamera HP yang bagus bisa dilihat dari ada atau tidak adanya fitur ini.

  • HDR

Fitur HDR tidak kalah krusial karena akan sangat membantu ketika kondisi sekitar objek pencahayaannya kurang mendukung. HDR (High Dynamic Range) memungkinkan kamera smartphone memperoleh lighting dengan skala yang lebih luas. 

Mengaktifkan mode HDR ketika memotret akan menghasilkan gambar yang lebih terang dan bagus. Jadi, Anda bisa mencoba memperhatikan hasil HDR pada smartphone yang hendak dibeli. 

  • Night Mode

Meski perkembangan teknologi kamera smartphone begitu pesat, namun tetap memiliki kelemahan tersendiri. Kamera ponsel pintar cukup lemah jika harus memotret di malam hari. Namun, hal tersebut bisa diatasi dengan adanya night mode yang mumpuni. 

Memotret dengan mode malam hasilnya bisa cukup bagus meskipun tak ada cahaya matahari. Namun tidak semua smartphone menyediakan fitur ini dengan baik. Oleh sebab itu, Anda bisa menjadikan hasil pengambilan gambar di mode ini pada gadget yang menjadi incaran. 

  • Resolusi (Jumlah Piksel)

Membahas kamera smartphone memang tidak bisa lepas dari istilah resolusi. Adapun resolusi itu sendiri merupakan jumlah piksel yang ada pada suatu kamera. Satuan yang digunakan adalah megapiksel atau biasa disingkat MP. 

Salah satu cara memilih HP kamera yang bagus adalah memperhatikan berapa resolusinya. Mungkin selama ini Anda menganggap semakin tinggi resolusi maka kualitasnya semakin bagus. Padahal, hal ini tergantung dari merk dan tipe HP itu sendiri. 

Misalnya kamera dengan resolusi 48 MP bukan berarti lebih bagus dibanding kamera beresolusi 16 MB. Hal ini bisa terjadi karena sudah banyak kamera HP yang dirancang dengan cara digabung dari beberapa piksel sekaligus. 

Tidak hanya itu, pada kenyataannya kualitas hasil foto pun dipengaruhi software yang mumpuni pula. Tak heran jika HP iPhone dengan resolusi kamera yang lebih rendah hasil fotonya lebih bagus dibanding kamera smartphone lain dengan resolusi lebih rendah. 

  • LED Flash 

Fitur yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi, bahkan sudah ada di hampir semua smartphone masa kini. Fungsinya adalah membantu memberikan cahaya ketika hendak memotret di tempat minim cahaya. 

Jadi, Anda bisa melihat hasil foto dengan LED flash pada tipe HP incaran. Perhatikan apakah kualitas foto masih terbilang bagus atau tidak.

Beberapa cara memilih HP dengan kamera yang bagus di atas bisa menjadi referensi sebelum membeli gadget baru. Ponsel pintar yang tepat bisa mendukung hobi fotografi Anda dengan baik bahkan bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. 

Dukung kami untuk terus menyajikan berita dan informasi kepada anda, dengan cepat dan tanpa iklan.

Donasi via Sociabuzz