8 Cara Agar Hasil Foto Aesthetic dengan HP, Mudah untuk Pemula!

Kualitas kamera smartphone terkini semakin bagus bahkan bisa tampak profesional. Terlebih aplikasi edit foto pun semakin bermunculan sehingga membantu Anda mendapatkan hasil lebih bagus. Namun, pemahaman mengenai cara agar hasil foto aesthetic dengan HP penting dilakukan. 

Hal ini karena hasil foto yang aesthetic bahkan memiliki nilai jual tentunya tidak dijepret secara asal. Pemula sekalipun bisa mempelajarinya sehingga hasil jepretan memuaskan, baik untuk keperluan pribadi maupun hendak dikomersilkan. 

8 Cara Agar Hasil Foto Aesthetic dengan HP

Meski kualitas kamera ponsel pintar semakin canggih, namun kamera tersebut memiliki karakteristik tersendiri. Walau bagaimanapun juga, benda tersebut tidak bisa disamakan dengan kamera DSLR maupun mirrorless. Lalu, apa saja tips menghasilkan foto aesthetic menggunakan HP?

1. Mengaktifkan Mode Grid

Foto: pukeva.com
Mode grid atau kisi umumnya bisa ditemukan di hampir semua smartphone masa kini, mulai dari tipe low-end hingga high end. Pada dasarnya, fitur yang satu ini akan mengaktifkan garis kisi yang berfungsi sebagai pengatur komposisi foto. 

Fitur tersebut menerapkan aturan “sepertiga” dimana sebuah foto perlu “dipecah” menjadi tiga bagian utama. Hal ini bisa dilakukan baik secara vertikal maupun horizontal sebelum memotret objek. 

Komposisi foto yang diatur ideal akan menghasilkan kaya yang seimbang, alami, dan tampak rata. Penggunaan garis kisi penting dilakukan bahkan gambar dengan pemandangan ciamik pun bisa terasa kurang tanpanya. 

2. Fokuskan Foto dengan Mendekati Objek

Cara agar hasil foto aesthetic dengan HP adalah menghindari penggunaan fitur zoom. Setidaknya, Anda perlu bekerja lebih keras dengan membuat fokus foto tidak buyar. Caranya adalah dengan mendekatkan kamera smartphone menuju objek yang hendak dipotret. 

Menggunakan fitur zoom apalagi secara berlebihan bisa menurunkan kualitas foto secara drastis. Foto akan tampak buram sehingga membuat tampilannya kurang profesional. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menggunakan cara memfokuskan foto dengan mendekati objek. 

3. Menggunakan Fitur HDR di Waktu yang Tepat

Foto: indiatoday.in
High Dynamic Range atau HDR memang bisa menjadi kunci foto yang aesthetic. Namun jika kurang tepat dalam waktu menggunakannya, hasilnya bisa kurang maksimal. HDR bisa mengatur tingkat pencahayaan menjadi lebih dinamis sehingga foto terlihat lebih hidup. 

Lensa pada kamera dengan mode HDR akan meningkatkan pencahayaannya secara otomatis sesuai kebutuhan. Fitur ini termasuk canggih karena bisa memperhatikan kondisi di sekitar objek untuk menghasilkan karya lebih tajam.

Ketika mengaktifkan fitur HDR, biasanya foto akan tampak lebih cerah atau terang. Apabila Anda belum terlalu mahir menentukan angle yang ideal, HDR bisa sangat membantu. 

4. Tidak Takut Mencoba Berbagai Angle

Potret objek foto ideal umumnya menggunakan angle eye level, yaitu sudut dimana pandangan yang ada di depan mata seseorang. Namun, Anda juga bisa bereksplorasi dengan mencoba angle yang lebih berbeda. 

Proses ini pada dasarnya bisa melatih insting ketika hendak mengambil objek foto. Misalnya ketika hendak memotret gedung, masyarakat awam biasanya menganggap pengambilan foto hanya bisa dari bawah. 

Padahal memotret dengan angle dari atas gedung bisa menciptakan hasil karya foto yang lebih unik sehingga tidak monoton. 

5. Mencoba Menggunakan Tripod

Foto: desty.page
Berlatih menstabilkan pegangan smartphone ketika memotret objek sebenarnya bisa dilakukan. Namun, terdapat solusi lainnya yang semakin memudahkan penggiat fotografi smartphone saat ini. Salah satunya adalah penggunaan tripod yang bisa membuat hasil karya foto lebih stabil. 

Tripod bisa mencegah shaky atau bergetar yang bisa membuat foto yang dihasilkan blur atau kurang jelas. Bahkan beberapa tripod saat ini sudah dilengkapi fitur slow speed untuk memotret dalam kondisi minim cahaya.

6. Menghindari Penggunaan Lampu Flash

Penggunaan lampu flash sebenarnya sah-sah saja mengingat fitur tersebut memang sudah disematkan vendor smartphone. Namun, salah satu cara foto aesthetic dengan HP Android  yaitu menghindari pemakaian fitur tersebut. 

Hal ini karena umumnya lampu flash bersifat keras sehingga bisa sangat berpengaruh terhadap pencahayaan objek foto. Meskipun di tempat redup sekalipun, bukan berarti penggunaan flash adalah pilihan yang tepat. 

Anda bisa melatih diri melakukan teknik low light photography yang hasilnya bisa sangat menakjubkan. Solusi lainnya adalah menggunakan lampu LED tambahan dengan diffuser agar cahaya dari lampu lebih soft.

7. Memperhatikan Detail Foto

Foto: droila.com
Cara agar hasil foto aesthetic dengan HP berikutnya yaitu dengan memperhatikan detail foto. Detail foto ini sendiri tergantung dari objek yang hendak difoto. Jika objeknya adalah manusia,Anda bisa memperhatikan perilaku, gaya, dan lingkungan sekitar. 

Detail sekecil apapun pada dasarnya bisa menyampaikan pesan yang sesuai sehingga hasilnya aesthetic.

8. Memainkan Kontras

Trik memberikan sentuhan menarik pada foto diantaranya adalah menyertakan elemen kontras. Tidak perlu ragu menciptakan ketegangan visual di foto dengan warna berlawanan. Justru, hal ini bisa membuat sebuah karya foto lebih berkesan. 

Misalnya ketika Anda berencana mengambil gambar dengan kesan warna gelap dan terang. Pilihan lainnya adalah objek bersih dan kotor. Perhatikan sebaik mungkin sampai bisa menemukan emosi, gaya, dan objek yang dirasa kontras. 

Tidak sedikit fotografer profesional yang menerapkan prinsip ini. Hasil foto pun terlihat lebih bernyawa sehingga memiliki nilai jual tersendiri. Terdapat berbagai macam warna yang bisa membuat objek foto terlihat menonjol dibanding yang lain. 

Kontras foto yang tercipta dari teknik yang tepat pada dasarnya bisa memanjakan mata siapapun yang melihat.

Sebuah foto meskipun dipotret menggunakan kamera biasa pada dasarnya tetap bisa menghasilkan cerita dan kesan tersendiri. Anda bisa mencoba beberapa cara agar hasil foto aesthetic dengan HP di atas sehingga skill fotografi meningkat. Jadi, tidak selalu harus bermodal kamera digital bukan?

Dukung kami untuk terus menyajikan berita dan informasi kepada anda, dengan cepat dan tanpa iklan.

Donasi via Sociabuzz