8 Cara Berhenti Kecanduan Game Bisa Langsung di coba

Pada saat sekarang ini, game adalah hal yang sedang populer terutama di kalangan remaja bahkan dewasa. Seorang yang dulunya tidak suka bermain game sekarang menjadi ikut mulai bermain game, dikarenakan terbawa oleh teman temannya.

Sekali anda mencoba bermain game sangat mungkin untuk kecanduan, hal bisa saja terjadi karena game memang di buat semenarik mungkin agar pemainnya menjadi ingin terus bermain.

Memang tidak bisa di pungkiri sekarang eranya game, bahkan seorang gamers profesional dapat menghasilkan uang hanya dengan bermain game, namun bagaimana dengan anda yang hanya bermain game tapi tidak mendapatkan apa apa?.

Nah berikut ini adalah 8 Cara Berhenti dari Kecanduan Game yang Bisa Langsung anda coba

1. Ingat tujuan hidup dan cita-cita

Cara pertama adalah dengan mengingat kembali tujuan hidup dan cita-cita anda, karena untuk dapat menggapai nya tentu dibutuhkan usaha yang maksimal, dan salah satu usaha yang bisa anda lakukan adalah dengan berhenti bermain game.

Bagi anda yang masih sekolah atau kuliah, bermain game hanya akan membuang waktu anda, yang seharusnya bisa anda gunakan untuk belajar dan menjadi lebih pintar, atau waktu luang anda gunakan untuk mengerjakan tugas dan PR dari sekolah.

Dengan berhenti bermain game, sangat mungkin anda menjadi lebih pintar dan cepat lulus, sehingga tujuan dan cita-cita anda bisa tercapai.

2. Alihkan dengan aktivitas lain

Cara kedua untuk dapat berhenti bermain game adalah dengan melakukan aktivitas lain yang menurut anda menyenangkan namun tetap positif. Misal jalan jalan, nonton bioskop, atau mengunjungi tempat wisata.

Karena dengan melakukan hal lain yang positif dan menyenangkan dapat membuat anda mulai meninggalkan game.

3. Mulai menyusun rencana kedepan

Tentu dalam hidup ini anda punya rencana kedepan, yang harus anda lakukan, target kehidupan yang anda inginkan. Sekarang mulailah untuk menyusun langkah langkah agar target tujuan hidup anda tercapai.

Hal ini tentu dapat anda lakukan di waktu luang yang sering anda gunakan hanya untuk bermain game, karena menyusun rencana kedepan lebih bermanfaat dalam mengisi waktu luang ketimbang anda gunakan untuk bermain game.

4. Berjuang untuk orang terdekat

Anda tentu punya orang terdekat yang ingin anda bahagiakan, ada keluarga, orang tua, saudara, atau mungkin pasangan anda. Motivasi untuk membuat mereka bahagia sangat mungkin bisa digunakan untuk anda berhenti bermain game.

Karena banyak orang sukses yang apabila ditanya motivasi dalam hidupnya, jawabannya adalah untuk membahagiakan orang terdekatnya, andapun juga bisa seperti mereka, yaitu sukses dengan motivasi untuk membahagiakan orang terdekat yang anda miliki.

5. Sembunyikan aplikasi game

Cara untuk mulai berhenti bermain game selanjutnya adalah dapat anda lakukan dengan menyembunyikan aplikasi game di smartphone atau PC anda,

Jadi saat anda teringat untuk bermain game, anda juga akan teringat aplikasi game tersebut di sembunyikan dengan alasan untuk mulai berhenti bermain game.

Dengan demikian anda akan mulai sedikit demi sedikit meninggalkan game yang sering anda mainkan.

6. Hindari obrolan tentang game

Bermain game timbul dari keinginan dan hal menarik dari game tersebut, yang bisa saja anda dapatkan dari sebuah obrolan dengan teman,

Nah bagi anda yang ingin berhenti kecanduan game, bisa anda lakukan dengan, menghindari obrolan tentang game dengan teman anda, dengan demikian, hal menarik dari sebuah game tidak akan muncul dalam pikiran anda.

7. Ingat game hanya membuang waktu

Setelah kita bermain game sering tidak terasa waktu cepat berlalu, yang tadinya mulai jam 10 malam, tahu tahu sudah jam 1 pagi, hal ini akan berdampak buruk apabila terus menerus terjadi dalam hidup anda.

Anda jadi susah untuk bangun pagi, dan di siang hari akan mengantuk. Meskipun anda begadang bermain game di saat malam minggu, hal yang akan terjadi adalah saat malam senin anda akan susah untuk tidur cepat.

Maka dari itu, ingatlah bermain game hanya akan membuang waktu anda untuk hal yang bisa dibilang kurang bermanfaat.

8. Hapus aplikasi game

Cara terakhir yang bisa saya sampaikan untuk membantu anda berhenti bermain game adalah dengan menghapus aplikasi game di perangkat anda. Namun terkadang hal ini hanya akan bertahan beberapa saat sampai akhirnya anda instal kembali game tersebut.

Tapi cobalah untuk tetap menghapus aplikasi game, karena anda jadi ada alasan untuk tidak bermain game saat di ajak oleh teman anda, selain itu rasa ingin bermain jadi hilang saat game tidak ada di perangkat anda.

Semoga tips tentang cara berhenti dari kecanduan bermain game di atas dapat membantu anda. Dengan anda berhenti bermain game semoga cita cita dan tujuan anda cepat terwujud.

"Bermain game adalah hal yang wajar dan menyenangkan, namun akan jadi masalah apabila game menjadi penghambat jalan menuju kesuksesan anda"

Dukung kami untuk terus menyajikan berita dan informasi kepada anda, dengan cepat dan tanpa iklan.

Donasi via Sociabuzz