8 Cara Foto dengan HP di Malam Hari Tanpa Blur & Noise

Memotret objek di malam hari memang menjadi tantangan tersendiri. Namun, teknologi gadget yang semakin maju semakin memudahkan Anda mengabadikan momen seru meski minim cahaya. Cara foto dengan HP di malam hari pada dasarnya bisa dipelajari siapa saja. 

Pencahayaan yang gelap rentan membuat hasil foto tampak buram, kurang fokus, dan penuh noise. Namun, sebenarnya ada trik-trik yang bisa dipraktikkan agar mengambil hasil foto di malam hari menakjubkan. Bahkan cenderung estetik dan elegan di tengah kegelapan malam. 

8 Cara Foto dengan HP di Malam Hari untuk Hasil Maksimal Tanpa Noise

Menghasilkan foto yang tampak profesional tidak hanya bisa dilakukan dengan kamera digital canggih. Sudah banyak tipe smartphone yang memiliki fitur unggulan berupa kamera resolusi tinggi. Pahami teknik dan caranya dengan tepat untuk hasil foto yang maksimal tanpa noise berikut ini.

1. Mengatur Mode Manual

Foto: Pixabay
Tipe smartphone yang menjadikan kamera sebagai fitur unggulan biasanya menyediakan menu manual mode. Mode yang satu ini memang tidak dapat ditemui di semua tipe ponsel pintar zaman sekarang. Tidak perlu khawatir, Anda juga bisa mendownload aplikasi serupa di Playstore. 

Misalnya Camera Zoom FX, ProShot, Manual Camera, Footej Camera, dan sebagainya. Mode manual memungkinkan Anda mengatur kecepatan shutter, tingkat ISO, aperture, eksposur, dan sebagainya. Hal-hal krusial yang berkaitan dengan fotografi tersebut bisa dengan mudah diatur. 

Sebaiknya, pilih aplikasi manual mode yang menyediakan fitur lengkap untuk memaksimalkan cara foto dengan HP di malam hari. Misalnya aplikasi Manual Camera yang menyediakan pengaturan Exposure Compensation dan White Balance.

2. Mengaktifkan Mode Malam

Pada dasarnya, tidak semua tipe smartphone menyediakan night mode atau mode malam. Jika ponsel pintar Anda memilikinya, maka jangan sia-siakan untuk memotret objek di malam hari. Hasil gambar tetap terlihat maksimal meskipun minim pencahayaan. 

Ketika mode malam diaktifkan, maka kecepatan shutter akan diubah lebih lambat. Hal ini dilakukan agar lensa kamera dapat menangkap detail pemandangan yang lebih optimal. Cahaya yang ditangkap lebih banyak karena mode ini sebenarnya terhubung dengan lampu flash. 

Seperti yang telah diketahui, setting kamera di malam hari ini berguna untuk menerangi objek gambar. Penggunaan fitur ini harus tepat agar tidak banyak mempengaruhi kesan dan efek yang ingin ditonjolkan dari objek. 

3. Menggunakan Lampu LED Tambahan

Foto: harapanrakyat.com
Peran lampu LED tambahan ini sebenarnya sama seperti flash. Namun, kebanyakan lampu flash pada smartphone bersifat keras sehingga berpotensi merusak detail gambar. Begitu pula kedalaman foto jadi tidak terlalu tampak dan meninggalkan kesan aslinya. 

Namun, ada beberapa momen dimana Anda memang perlu memotret gambar di kondisi pencahayaan sangat minim. Lampu LED tambahan bisa menjadi solusi apabila fitur flash terlalu banyak mempengaruhi kualitas gambar. 

Saat ini, LED tambahan banyak dijual di marketplace dengan harga yang cukup terjangkau. Jika memiliki dana lebih, Anda bisa membeli lampu LED plus diffuser karena bisa menghasilkan cahaya yang lebih lembut pada objek. 

4. Menghindari Shaking dan Blur

Pada kenyataannya, hasil foto blur ketika memotret di malam hari lebih rentan terjadi. Salah satunya adalah goncangan yang sulit dihindari sehingga foto terlihat kurang tajam bahkan tampak buram. Namun, Anda bisa mencegahnya dengan membeli aksesori tambahan yang berguna dalam hal ini. 

Untuk menghindari shaking ketika memotret, salah satunya dengan sebuah tripod. Aksesori yang satu ini bisa membuat pegangan lebih mantap dan tahan goncangan. Jika hanya mengandalkan pegangan tangan, kamera smartphone bisa bergoncang mengikuti gerakan tubuh dan tarikan napas.

Tripod dikenal sebagai aksesori yang fleksibel karena bagian kakinya bisa dikaitkan di tempat tertentu. Misalnya pada tiang atau dahan pohon yang bisa membuat hasil foto lebih dinamis. 

5. Memakai Mode RAW

Foto: medcom.id
Adapun untuk mode RAW ini biasanya memang ditemukan pada kamera lensa mirrorless atau DSLR. Namun pada beberapa tipe smartphone high end juga menyediakannya. Jika ponsel pintar Anda memilikinya, maka mode yang satu ini bisa memaksimalkan hasil foto di malam hari. 

Lalu, bagaimana dengan smartphone tanpa fitur RAW? Tidak perlu khawatir, saat ini sudah cukup banyak aplikasi pihak ketiga dengan fitur serupa. Mulai dari versi gratis hingga berbayar, Anda bisa memanfaatkannya sesuai kebutuhan. 

Misalnya aplikasi Adobe Lightroom, ProCam, RAW by 500px, MuseCam, Pro Camera, dan sebagainya. Mode ini memungkinkan nda mengedit hasil foto lebih optimal. Baik itu dari segi detail, warna, dan ketajamannya.

6. Mengatur Shutter Speed Lebih Lambat

Meski malam hari minim pencahayaan, bukan berarti Anda tidak bisa menghasilkan gambar menakjubkan. Salah satu trik mudahnya adalah dengan mengatur shutter speed menjadi lebih lambat. Cahaya yang masuk akan semakin banyak jika kecepatan rana diperlambat. 

Cara foto dengan HP di malam hari yang satu ini pada dasarnya merupakan pengetahuan dasar yang harus dipahami. Namun, risiko dari memperlambat shutter adalah hasil foto menjadi shaking bahkan blur. 

Solusinya adalah membeli aksesori tambahan asal hasil foto lebih stabil. Misalnya dengan memanfaatkan stabilizer, tripod, monopod, gorillapod, slider, dan sebagainya.

7. Menggunakan Modus HDR

Foto: gizmologi.id
High Dynamic Range (HDR) adalah modus yang tidak hanya menakjubkan di siang hari, melainkan juga di malam hari. Fitur ini bisa menggabungkan beberapa eksposur pada objek gambar sekaligus. Hasilnya gambar bisa menampilkan sudut paling gelap dan terang yang terlihat jelas. 

8. Mengedit Foto Tanpa Berlebihan

Saat ini kebutuhan akan konten foto memang begitu banyak. Tak heran jika mengedit foto sebelum diunggah seolah menjadi hal mutlak yang harus dilakukan. Mengedit foto sebenarnya menjadi proses yang tidak kalah penting dibanding memotret gambar. 

Dengan proses editing, Anda bisa memperbaiki kekurangan yang ada pada foto. Misalnya untuk mengurangi noise yang biasanya cukup rentan di malam hari. 

Beberapa cara foto dengan HP di malam hari bisa Anda praktikkan ketika butuh mengambil gambar di kondisi minim cahaya. Maksimalkan fitur-fitur yang ada di kamera smartphone agar hasilnya juga memuaskan. Bahkan Anda bisa menguploadnya dengan percaya diri ke media sosial. 

Dukung kami untuk terus menyajikan berita dan informasi kepada anda, dengan cepat dan tanpa iklan.

Donasi via Sociabuzz