8 Pilihan Karir Bagi yang Hobi Fotografi Bisa Langsung Dicoba

Hobi memotret saat ini tidak bisa dipandang sebelah mata, ada banyak kesempatan emas di bidang ini yang bisa diraih. Hal ini tidak hanya berlaku bagi yang memiliki background pendidikan fotografi. Pilihan karir bagi yang hobi fotografi pun semakin banyak asalkan punya portofolio yang mumpuni. 

Tidak perlu khawatir, portofolio bisa dibangun secara perlahan bahkan lewat media sosial seperti Instagram dan Pinterest. Mungkin saat ini Anda tengah bingung, kesempatan atau karir apa saja yang bisa digeluti pemilik hobi fotografi? Simak ulasannya di bawah ini. 

8 Pilihan Karir Bagi yang Hobi Fotografi

Pada dasarnya, fotografi tidak hanya sebatas hobi mengabadikan gambar saja. Bidang ini cukup luas dan kesempatan terbuka lebar seiring perkembangan teknologi yang ada. Terlebih kebutuhan akan konten foto saat ini semakin meningkat, berikut pilihan karir buat Anda pemilik hobi fotografi. 

1. Fotografer Makanan

Foto: hubster.co.id
Bisnis makanan memang tidak ada habisnya, bahkan semakin bermunculan di media sosial. Salah satu trik marketing yang bisa dilakukan adalah memposting foto produk makanan tersebut semenarik mungkin. Tentunya, hal ini tidak lepas dari jasa fotografi di bidang makanan. 

Produk tidak boleh dijepret asal-asalan karena hal ini berkaitan dengan promosi untuk menarik perhatan calon konsumen. Dibutuhkan teknik khusus seperti komposisi, pencahayaan, dan pengambilan angle secara tepat. 

Menjadi fotografer makanan bisa menjadi pilihan karir yang menggiurkan. Anda bisa mempelajari teknik menghasilkan jepretan makanan yang menarik dan menggugah selera. Menariknya, pengetahuan Anda di bidang kuliner pun bisa sekalian bertambah. 

2. Fotografer Fashion

Tren fashion yang kian berganti dari tahun ke tahun membuat kebutuhan akan jenis profesi fotografer di bidang ini pun melesat. Bagaimana tidak, produk fashion sendiri dipromosikan melalui banyak media. Mulai dari majalah, sosial media, website, marketplace, dan lain sebagainya. 

Dibutuhkan hasil pemotretan dengan visual terbaik dan mencuri perhatian yang melihatnya. Profesi fotografer fashion sebenarnya sudah populer sejak dahulu. Dulunya, mereka lebih berkonsentrasi memotret para model yang berlenggak-lenggok di catwalk. 

Seiring berjalannya waktu, fotografer fashion pun semakin dibutuhkan bahkan untuk di studio mini pemotretan sekalipun. Penghasilan yang didapatkan bisa sangat menggiurkan asalkan Anda terus mengasah skill di bidang ini dan memperbanyak portofolio.

3. Kontributor di Platform Jual Beli Foto

Foto: zyro.com
Permintaan terhadap stock foto dari pembuat konten saat ini semakin meningkat. Banyak yang mencari stock foto tersebut di media sosial dan platform jual beli foto. Anda bisa menjadikan ini sebagai kesempatan sehingga hasil karya foto tidak hanya diposting dan mendapat likes saja. 

Ada banyak platform jual beli foto yang setiap harinya cukup ramai dikunjungi. Diantaranya adalah Shutterstock, Adobe Stock, iStockphoto, Dreamstime, Alamy, dan sebagainya. Berbagai jenis website tersebut tentunya sudah tidak asing di kalangan fotografer profesional.

Anda bisa mendapatkan profit yang menggiurkan, namun hal ini tergantung dari nilai jual foto itu sendiri. Semakin banyak terjual pun, penghasilan akan semakin banyak dari website jual beli foto tersebut. Adapun komisi yang didapatkan biasanya sekitar 20-60%.

4. Fotografer Pernikahan

Pernikahan menjadi momen sakral sekali seumur hidup sehingga banyak yang ingin mengabadikannya secara eksklusif. Tak heran jika kebutuhan akan jasa fotografer wedding senantiasa ada dan banyak dicari. 

Tidak hanya pernikahan, momen sebelumnya seperti engagement dan prewedding pun kerap kali membutuhkan jasa fotografi. 

5. Fotorgafer Aristektur

Foto: tegaraya.com
Pilihan karir bagi yang hobi fotografi selanjutnya adalah fotografer arsitektur. Seperti yang telah diketahui, berbagai macam foto bangunan interior dan eksterior majalah fotografi tidak didapatkan begitu saja. Di belakangnya terdapat jasa fotografer yang memang sudah mahir di bidang tersebut.

Bisnis properti yang semakin pesat tentunya membutuhkan media promosi yang efektif. Kehadiran fotografer arsitektur pun kian dibutuhkan. Hal ini karena menggaet pelanggan juga memerlukan gambar properti yang menarik. 

Namun, Anda perlu memiliki pengetahuan yang mumpuni terkait arsitektur dan detail di dalamnya yang mampu mencuri perhatian. 

6. Fotografer Travelling

Bagi yang hobi jalan-jalan sekaligus memotret, pilihan karir yang satu ini bisa menjadi solusi. Perusahaan swasta maupun pemerintahan kerap kali membutuhkan jasa fotografi untuk mempromosikan tempat wisata. 

Bahkan Anda tidak hanya bisa jalan-jalan gratis, melainkan hasil karya foto pun akan dibayar. Fotografer perjalanan pada dasarnya tidak hanya memotret pemandangan asri nan hijau saja. Jangkauannya lebih luas mengingat potensi wisata yang ada pun memang beragam. 

Misalnya Anda bisa mendokumentasikan budaya, adat istiadat, sejarah, kebiasaan suku tertentu, dan sebagainya. 

7. Membuka Bisnis Studio Foto

Foto: idseducation.com
Jika memiliki dana yang cukup besar, membuka bisnis studio foto bisa menjadi pilihan. Modal yang harus dikeluarkan memang tidak sedikit, namun Anda juga bisa memulainya dari rumah. Target pasarnya sendiri biasanya tidak hanya pelanggan yang membutuhkan jasa foto di studio. 

And juga bisa menyediakan jasa cetak foto yang banyak dicari orang untuk wisuda atau event lainnya. Tidak hanya melayani jasa fotografi, kembangkan pula bisnis ini dengan menjual berbagai macam perlengkapan fotografi. 

Misalnya lensa, album, bingkai foto, sewa kamera, bahkan les fotografi. Semua itu bisa menjadi ladang penghasilan yang menggiurkan, terlebih jika sudah mengetahui target pasarnya.

8. Fotografer Jurnalis

Pilihan karir bagi yang hobi fotografi ini perlu memiliki spesialisasi untuk mencari dan menampilkan foto-foto bernilai berita. Pada dasarnya, profesi ini bisa bekerja dalam media yang memuat berita baik secara online maupun offline. 

Hasil jepretan harus akurat karena foto menjadi bagian krusial dalam pembuatan berita. Selain bekerja di media, Anda juga bisa menjadi freelance dengan menjual hasil foto bernilai berita tersebut. 

Pilihan karir bagi yang hobi fotografi pada dasarnya memang begitu banyak. Kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan baik sehingga nantinya bisa menjadi sumber penghasilan. Hal yang perlu diingat adalah terus semangat memperdalam skill dan memperluas relasi di bidang fotografi. 

Dukung kami untuk terus menyajikan berita dan informasi kepada anda, dengan cepat dan tanpa iklan.

Donasi via Sociabuzz