8 Platform atau Sosmed yang Bisa Digunakan untuk Mendukung Hobi Fotografi

Salah satu jenis hobi yang bisa menjadi sumber penghasilan utama maupun sampingan adalah fotografi. Jika Anda memiliki skill mumpuni di bidang ini, pundi-pundi rupiah pun bisa didapatkan. Saat ini sudah banyak platform atau sosmed yang bisa digunakan untuk mendukung hobi fotografi.

Tidak hanya teknik memotret saja yang penting untuk dipelajari. Rajin memposting foto menjadi salah satu trik utama yang harus dipahami. Tentunya, Anda harus memilih platform yang tepat untuk mengunggah hasil foto agar nantinya bisa dimonetisasi. 

8 Rekomendasi Platform atau Sosmed yang Bisa Digunakan untuk Mendukung Hobi Fotografi

 Banyak yang belum menyadari bahwa hasil jepretannya, baik melalui kamera digital atau smartphone bisa menghasilkan uang. Jangan biarkan kesempatan ini terlewat begitu saja, sebaiknya simak beberapa rekomendasi platform dan sosmed untuk pecinta fotografi berikut ini. 

1. Instagram

Instagram
Dalam dua tahun terakhir ini, Instagram menjadi salah satu raksasa sosial media yang perkembangannya sangat pesat. Terdapat jutaan konten foto dan video setiap harinya diupload sosmed yang diakuisisi Facebook ini. 

Platform ini dikenal sangat populer di kalangan fotografer, baik profesional maupun sekedar hobi. Banyak fitur yang mendukung konten berbau fotografi, salah satunya eksplore yang memudahkan pengguna menemukan foto tertentu. 

Anda bisa membuat feed atau profil IG semenarik mungkin sehingga mengundang pengguna lain mengikuti akun. Usahakan untuk membuat feed satu tema agar terlihat rapi dan spesifik. 

2. Facebook

Sebagian orang menganggap media sosial yang satu ini ketinggalan zaman. Padahal, kenyataannya tidak demikian karena Facebook banyak memiliki komunitas dengan hobi tertentu. Bahkan cukup ramai jika Anda menemukan grup atau komunitas yang tepat. 

Tidak hanya bisa sharing dan memposting foto, di dalamnya pengguna juga bisa mencari jasa dan peralatan fotografi. Meski medsos yang satu ini masih belum menandingi Instagram di bidang konten foto, namun fitur komunitas di dalamnya terbilang lebih unggul. 

3. Pinterest

Pinterest
Bagi pecinta karya visual tampaknya wajib menggunakan media sosial yang satu ini. Pinterest kerap kali menjadi pilihan ketika seseorang hendak mencari referensi foto atau gambar. Tampilan yang simple dan ‘to the point’ ke pencarian gambar menjadi daya tarik utama. 

Sharing hasil karya fotografi di platform yang satu ini mudah dilakukan. Pinterest layaknya gudang untuk menyimpan hasil karya visual penggunanya. Jika bingung mencari konsep fotografi, Anda bisa mencarinya disini karena terdapat jutaan koleksi foto yang menakjubkan. 

4. Fotolia.com

Platform yang satu ini berbentuk website dengan konsep jual beli foto. Adapun pihak Fotolia sendiri nantinya akan menawarkan keuntungan 20-62% berdasarkan harga jual karya fotografi. Website ini bisa menjadi pilihan jika memang niat utama Anda adalah menjual foto. 

Semakin banyak yang membeli foto Anda di Fotolia, maka keuntungan yang didapatkan pun semakin menggiurkan. Metode pembayaran yang berlaku baru dua macam, yaitu PayPal dan Moneybookers.

Namun, tentunya pihak website akan terus mengembangkannya agar semakin fleksibel digunakan. 

5. Shutterstock.com

Shutterstock
Platform jual beli foto yang satu ini sangat populer. Sesuai dengan namanya, website ini memiliki banyak stock foto dengan berbagai jenis tema. Tidak sedikit pembuat konten yang mencari referensi foto disini lalu membelinya. 

Anda bisa berkontribusi dengan menjual hasil foto yang nantinya bermanfaat untuk orang lain. Di Shutterstock sendiri ada foto yang berbayar dan gratis. Tentunya gambar gratis masih terdapat watermark yang menempel pada karya tersebut. 

Keuntungan yang ditawarkan website ini yaitu sekitar 20-30%. Namun, hasil pembayaran baru bisa ditarik setiap bulan apabila sudah mencapai batas minimum 75 US Dollar.

6. Dreamstime.com

Situs jual gambar ilustrasi yang satu ini juga kerap kali menjadi pilihan bagi pengguna yang mencari stock foto. Setiap harinya Dreamstime.com menjadi website yang cukup ramai bagi para pencari foto untuk konten. Jika Anda hobi fotografi, cobalah untuk menjual hasil karya di website ramah pengguna ini. 

Profit penjualan yang ditawarkan mulai 20=60% tergantung dari hasil penjualan karya. Menariknya, Anda tidak hanya bisa mendapatkan keuntungan materi atau uang saja. Terdapat komunitas fotografi di dalamnya yang bisa menambah relasi. 

Komunitas tersebut cukup aktif berdiskusi membahas hal seputar dunia fotografi. Jangan ketinggalan untuk menyimak berbagai macam ilmu di dalamnya karena bisa berguna untuk skill fotografi Anda. 

7. iStockphoto.com 

iStockphoto
Platform atau sosmed yang bisa digunakan untuk mendukung hobi fotografi selanjutnya adalah iStockphoto. Website yang satu ini memang cukup populer jika Anda ingin berkontribusi menjual stock foto dengan berbagai macam tema. 

Profit yang akan diberikan pada setiap kontributor adalah sebesar 15% dari harga unduhan pembeli. Namun jika foto dalam status eksklusif, maka keuntungannya bisa mencapai 22-45%. Dalam satu minggu,Anda bisa meminta dua kali pembayaran melalui berbagai macam platform. 

Mulai dari Payoneer Mastercard, Moneybookers, dan PayPal. Namun, penarikan saldo hasil jualan baru bisa dilakukan jika sudah mencapai hasil minimum, yaitu 10 US Dollar. 

8. Demandmedia.com

Demandmedia.com menjadi salah satu platform atau sosmed yang bisa digunakan untuk mendukung hobi fotografi. Website yang satu ini tidak hanya membuka kesempatan kontributor untuk menjual hasil foto. Melainkan juga terdapat tawaran pekerjaan sebagai fotografer dua kali seminggu. 

Namun, tidak semua kontributor bisa mendapatkan kesempatan emas ini. Syarat utamanya adalah hasil foto harus eksklusif dan memang sangat menjual.

Mengenal platform atau sosmed yang bisa digunakan untuk mendukung hobi fotografi memang penting dilakukan. Terutama bagi Anda yang mulai melakoni kegiatan fotografi ini, baik sebagai pure hobi atau sampingan pekerjaan. Rajinlah memposting dan upgrade terus skill di bidang fotografi ini. 

Dukung kami untuk terus menyajikan berita dan informasi kepada anda, dengan cepat dan tanpa iklan.

Donasi via Sociabuzz