5 Cara Agar Hemat Biaya Listrik yang Perlu Anda Tahu

Sekarang ini Listrik sudah menjadi sebuah kebutuhan pokok, karena hampir semua teknologi dan peralatan modern menggunakan listrik untuk dapat berjalan.

Terutama pada sebuah keluarga, tentu listrik sangat dibutuhkan, untuk lampu, Televisi, Radio, HP atau Smartphone, Pompa Air, dan sebagainya.

Karena listrik adalah sebuah layanan dari Pemerintah yang harus kita bayar tiap bulannya, maka penggunaan listrik dalam sebuah keluarga haruslah diperhatikan, hal ini bertujuan untuk lebih menghemat biaya pembayaran listrik.

Nah berikut ini adalah 5 Cara yang dapat anda lakukan agar lebih menghemat biaya listrik.

1. Jangan lupa mematikan lampu

Pertama adalah sebuah peringatan untuk "Jangan lupa mematikan lampu", karena ini adalah hal yang paling mendasar ketikan anda ingin menghemat Listrik.

Atau bisa juga "matikan lampu yang tidak dibutuhkan", misal mematikan lampu ketika akan tidur malam, atau mematikan lampu di ruang yang tidak digunakan.

2. Manfaatkan pencahayaan alami

Kedua adalah manfaatkan pencahayaan alami, dan yang dimaksud dengan pencahayaan alami adalah cahaya dari sinar matahari yang masuk kedalam rumah anda melalui jendela.

Apabila anda mampu menempatkan jendela di posisi yang tepat dirumah anda, tentu ketika siang hari, rumah anda akan mendapatkan cukup cahaya, sehingga tidak memerlukan pencahayaan buatan atau lampu.

3. Manfaatkan penghawaan alami

Ketiga adalah memaanfaatkan Penghawaan alami, hal ini bertujuan agar anda tidak terlalu sering menggunakan kipas angin atau AC untuk pendingin ruangan dirumah anda.

Contoh sederhana pemanfaatan penghawaan alami adalah anda selalu membuka jendela agar udara luar dapat masuk kedalam rumah, disini perlu diketahui juga selain dapat membuat udara luar masuk, jendela yang terbuka juga mampu untuk mengeluarkan panas dalam ruangan.

4. Gunakan warna cat yang terang

Hal yang ke empat adalah anda dapat menggunakan warna cat yang terang pada dinding rumah anda. Mungkin anda akan bertanya kenapa harus warna terang ?, karena warna cat pada dinging juga akan mempengaruhi pencahayaan dalam ruangan, khususnya pencahayaan dari lampu.

Warna cat yang terang akan membuat ruangan anda semakin terang dengan lampu yang sesuai. Dengan demikian anda tidak harus menggunakan lampu dengan watt yang besar.

5. Jangan terlalu lama nonton TV

Hal yang kelima adalah jangan terlalu lama menonton televisi, hal ini mungkin tidak akan langsung disadari karena akan terasa ketika anda selesai menonton Televeisi.

Usahakan nonton TV secukupnya, cari acara yang memang anda ingin tonton, kemudian matikan ketika acara tersebut selesai. Dengan demikian anda dapat lebih menghemat listrik.

Listrik adalah sebuah kebutuhan pokok, harga dan kenaikan biayanya adalah sesuatu yang tidak bisa ditawar oleh anda. Maka dari itu menghemat energi listrik adalah hal yang baik, karena anda juga akan menghemat biayanya.

Dukung kami untuk terus menyajikan berita dan informasi kepada anda, dengan cepat dan tanpa iklan.

Donasi via Sociabuzz