5 Cara Agar Lancar Presentasi di Depan Kelas

Presentasi adalah saat anda mencoba menjelaskan tentang sebuah materi yang sudah anda kuasai kepada pendengar.

Sebenarnya presentasi ini di ajarkan dimulai dari anda bersekolah, karena secara tidak langsung ketika anda melihat dan mendengar guru sekolah anda menerangkan di depan kelas, sebenarnya anda sudah mulai belajar presentasi.

Presentasi memang membutuhkan faktor penting dari diri anda, yaitu PD atau percaya diri, dan tidak jarang rasa Percaya Diri ini susah muncul karena disebabkan olah banyak hal. 

Berikut ini ada 5 cara untuk anda yang akan mencoba melakukan presentasi, agar presentasinya menjadi lebih lancar.

1. Kuasai materi presentasi

Menguasai materi presentasi adalah hal yang wajib, karena apabila anda sudah benar-benar paham dengan apa yang akan anda sampaikan, sudah dapat dipastikan anda dapat menjelaskannya kepada pendengar.

2. Angap teman adalah teman

Nah, poin yang kedua ini yang sering dilupakan. Ini juga pernah terjadi pada saya, karena menganggap pendengar yang merupakn teman sendiri adalah orang lain.

Teman adalah teman, pendengar adalah teman, bahkan guru anda adalah teman anda ketika anda presentasi.

Ingat kembali ketika anda bercerita dengan teman anda sewaktu bermain, pada saat itu pasti anda lancar bercerita. Terapkan hal tersebut juga pada saat anda presentasi.

3. Perhatikan pendengar

Apabila anda sudah menguasai materi dan sudah percaya diri, anda juga tetap harus memperhatikan pendengar, karena kembali pada tujuan presentasi adalah membuat pendengar menjadi paham dengan materi yang anda sampaikan,

anda dapat memastikan pendengar dengan bertanya langsung, "apakah kalian paham dengan yang saya sampaikan ?" , atau "apakah ada pertanyaan terkait materi yang saya sampaikan ?"

4. Belajar dari melihat presenter TV

Nah inilah yang saya lakukan ketika belajar presentasi, dan anda pun dapat mencobanya. Ketika anda menonton TV dengan acara talk show atau berita, anda dapat meniru mereka,

karena meraka lah seorang profesional dalam hal presentasi, lihat bagaimana mereka berbicara, bagaimana mereka berinteraksi dengan penonton.

5. Ajak interaksi dengan pendengar

Sedikit berbeda dengan bertanya kepada pendengar, berinteraksi dengan pendengar yang saya maksud adalah anda mencoba memberikan pendapat dari materi yang anda sampaikan,

atau hal ini dapat anda lakukan dengan menceritakan bagaimana anda bisa paham dengan materi tersebut.

Dukung kami untuk terus menyajikan berita dan informasi kepada anda, dengan cepat dan tanpa iklan.

Donasi via Sociabuzz