5 Cara agar Menulis Jadi Menyenangkan Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Menulis merupakan sebuah aktivitas yang sering dilakukan orang, entah menulis untuk pelajaran sekolah, menulis catatan harian, menulis cerita, bahkan menulis status di media sosial.

Untuk dapat menjadikan menulis menjadi menyenangkan adalah rasa ingin berbagi dalam hal yang positif dan bermanfaat. Jujur, dulu saya tidak terlalu hobi dalam menulis,

namun setelah tahu bahwa menulis bisa jadi hobi yang menyenangkan saya pun jadi sering menulis artikel seperti ini, karena rasa ingin berbagi dalam hal yang bermanfaat.

Berikut ini ada 5 cara untuk anda yang ingin menjadikan "menulis" menjadi aktivitas yang menyenangkan, cara yang saya sampaikan di bawah ini, adalah dari pengalaman pribadi. Semoga anda terinspirasi.

1. Rasa ingin berbagi

Setiap orang pasti punya rasa ingin berbagi dalam hal yang positif dan bermanfaat, hal tersebut biasanya berasal dari pengalaman pribadinya.

Biasanya orang sangat suka bercerita tentang pengalaman pribadinya, apabila anda termasuk orang tersebut.

Cobalah untuk menuliskan pengalaman pribadi yang biasanya anda ceritakan pada teman anda.

2. Menjadi orang yang suka berpikir

Berpikir yang dimaksud disini adalah berpikir untuk menyusun rencana kedepan, tentang target-target yang akan anda capai.

Pikiran-pikiran tersebut dapat anda jadikan sebuah tulisan atau catatan, hal ini adalah yang saya lakukan waktu belajar menulis.

3. Menjadi sesorang yang suka mengamati

Apabila anda adalah seorang yang suka mengamati suatu kejadian, berita, atau sebuah kondisi tertentu.

Tentu anda akan menganalisanya dan akan mendapatkan sebuah kesimpulan dari pengamatan anda. Nah dari hasil analisa sampai pengamatan yang anda lakukan, dapat anda jadikan sebuah tulisan yang bermanfaat

4. Menumbuhkan rasa ingin tahu yang tinggi

Semua orang pasti punya rasa ingin tahu tentang banyak hal, dan mencoba mencari informasi tentang hal tersebut.

Selagi hal tersebut adalah hal yang baik dan bermanfaat, tentu dapat anda tuangkan ke dalam sebuah tulisan yang baik

5. Tulis apapun yang anda sukai

Poin yang terakhir adalah, menulis sesuatu yang benar-benar anda sukai dan hal yang anda sukai tentu akan anda kuasai. Dalam hal ini misalnya, bidang ilmu yang sudah anda pelajari. Ketika menulis tentang sesuatu yang sudah dipahami tentu akan lebih mudah.

Hanya tekadang kendalanya adalah "teknik menulisnya", saran saya, tulis dulu apapun yang ada dalam pikiran anda, kemudian coba susun menjadi sebuah kalimat dan paragraf yang mudah dimengerti.

Dukung kami untuk terus menyajikan berita dan informasi kepada anda, dengan cepat dan tanpa iklan.

Donasi via Sociabuzz