5 Cara Cerdas Membaca Berita Yang Tersebar Di Internet

Di saat era modern seperti sekarang ini, keberadaan internet memberikan akses terhadap sebuah informasi menjadi sangat cepat, dengan internet anda dapat mencari informasi tentang apa saja yang anda butuhkan, namun anda harus berhati-hati ketika membaca sebuah artikel atau berita yang tersebar di internet dan media sosial, seperti facebook, twitter, instagram, dan sebagainya.

Berikut ini adalah 5 cara cerdas membaca berita yang tersebar di internet.

1. Pastikan Sumber berita

Sebelum membaca berita di internet, sebaiknya anda cek dulu penerbit berita tersbut, apabila berasal dari media-media yang sudah terpercaya kredibilitasnya, maka berita tersebut setidaknya lebih bisa di pertanggungjawabkan.

2. lakukan riset lebih lanjut

Apabila anda mendapatkan sebuah berita yang sekiranya menurut anda meragukan, alangakah baiknya anda coba riset lagi berita tersebut di media yang berbeda, caranya adalah dengan mengetik judul atau kata kunci dari berita tersebut di situs pencarian yang terpercaya, misal google

3. Jangan mempengaruhi orang lain

Nah inilah yang penting, ketika anda mendapatkan berita yang menurut anda sudah benar pun, jangan langsung memepengaruhi orang lain dengan pendapat anda pribadi, apalagi kalau berita tersebut mengandung unsur SARA, karena di takutkan tindakan anda dapat merugikan satu pihak.

4. Ajak seseorang untuk berdiskusi

Berbeda dengan mempengaruhi orang lain, mengajak berdiskusi adalah anda mencoba mencari pendapat oang lain terkait berita yang baru anda dengar, hal ini bertujuan agar anda tahu pandangan orang lain terkait berita tersebut.

5. Jadikan berita sebagai tambahan informasi

Sejatinya berita memang tambahan informasi untuk anda, namun tidak jarang sebuah berita dapat merubah sebuah pandangan hidup dari masyarakat, saran saya adalah bagi anda yang suka mengikuti perkembangan dengan membaca berita, jangan mudah terbawa arus dan suasan dari berita tersebut.

Itulah beberapa tips tentang cara cerdas membaca berita yang tersebar di Internet, anda adalah pembaca yang baik, yang akan menganalisa dengan baik, dan memberikan pendapat yang baik pula tentang berita yang anda dengar. Terimakasih sudah membaca, dan semoga beranfaat.

Dukung kami untuk terus menyajikan berita dan informasi kepada anda, dengan cepat dan tanpa iklan.

Donasi via Sociabuzz