5 Cara Lulus Kuliah Tepat Waktu yang Wajib Kamu Coba

Kuliah merupakan salah satu tahapan dalam menuntut ilmu yang harus dilalui untuk mendapatkan gelar sarjana.

Bagi anda yang sedang menempuh perkuliahan tentu berharap cepat lulus, agar dapat segera bekerja dan menerapkan ilmu yang anda dapatkan sewaktu kuliah.

Nah berikut ini adalaha 5 cara untuk anda seorang mahasiswa atau seorang yang akan menjadi mahasiswa, agar kuliahnya lancar dan lulus tepat pada waktunya.

1. Jangan terbawa suasana

Umumnya, kuliah adalah saat dimana anda jauh dari orang tua. Nah di saat seperti itu terkadang anda merasa bebas karena tidak lagi diawasi oleh orang tua,

Dan karena merasa bebas ada kemungkinan anda menjadi malas dan tidak rajin seperti sewaktu dirumah.

Hal tersebut tentu jangan sampai terjadi pada anda, meskipun jauh dari orang tua, anda tetap harus disiplin.

2. Perhatikan biaya kuliah

Seperti kita ketahui bahwa kuliah membutuhkan biaya yang tidak murah, selain biaya untuk membayar semesteran, ada juga biaya untuk kehidupan anda seperti biaya untuk kos/kontrakan dan biaya makan.

Dengan mengetahui hal tersebut tentu dapat menjadi motivasi, untuk anda lebih semangat cepat lulus kuliah.

3. Komunikasi yang baik dengan keluarga

Jangan lupa untuk menjalin komunikasi yang baik dengan keluarga anda dirumah, selalu kabari kondisi anda kepada orang rumah, minimal seminggu sekali, tiga hari sekali, atau lebih bagus setiap hari, dengan sms atau telfon.

Dengan begitu tentu anda akan menjadi lebih terkontrol dalam proses perkuliahan yang sedang anda jalani.

4. Hati-hati dalam berteman

Hal ini akan berhubungan dengan tugas kuliah yang anda dapatkan, jalin hubungan pertemanan yang baik dengan orang yang tepat,

Karena seorang teman dapat mempengaruhi orang lain, termasuk anda. dengan mempunyai teman baik dan pintar yang sejurusan/sekelas dengan anda, tentu dapat membantu ketika anda mengalami kesulitan saat mengerjakan tugas-tugas kuliah.

5. Fokus pada tujuan awal kuliah

Perlu diketahui bahwa, saat paling lama yang sering membuat mahasiswa menjadi telat lulus adalah ketika sedang Skripsi atau Tugas Akhir.

Karena biasanya disaat skripsi, mahasiswa memiliki kebebasan mau bimbingan kapan saja. Kebebasan tersebutlah yang membuat mahasiswa lalai, malas garap skripsi, dan malah mengerjakan hal lain. Namun anehnya terkadang juga mengeluh karena tidak lulus-lulus.

Saran saya adalah ingat kembali tujuan awal anda masuk kuliah, tujuan anda adalah menjadi sarjana,

Setelah menjadi sarjana anda harus bekerja untuk dapat hidup mandiri, baru setelah itu anda menikah, dan menjadi bagian dari masyarakat, serta menjadi orang tua yang mendidik anak anda.

Dukung kami untuk terus menyajikan berita dan informasi kepada anda, dengan cepat dan tanpa iklan.

Donasi via Sociabuzz