5 Cara Mengajarkan Penggunaan Gadget Kepada Anak

Menggunakn gadget seperti smartphone sudah menjadi gaya hidup dan kebutuhan bagi manusia, dengan gadget banyak hal bisa dilakukan dengan lebih mudah, seperti komunikasi dan mencari informasi.

Namun penggunaan gadget juga harus di sesuaikan dengan kebutuhan, anda sebaiknya menjadikan gadget sebagai alat untuk membantu dalam mengerjakan sesuatu, dan diusahakan jangan menghabiskan waktu yang berlebihan dengan gadget.

Perkembangan gadget pun sangat pesat, dapat dilihat dari anak yang baru Sekolah Dasar saja, sudah pada pake gadget.

Apabila anda adalah orang tua yang sudah memiliki anak, dan kebetulan anak anda sudah minta untuk dibelikan gadget.

Berikut ini adalah 5 cara untuk anda, dalam hal mengajarkan kepada anak tentang penggunaan gadget.

1. Susuaikan dengan umur

Memberikan sesuatu kepada anak dengan menyesuaikan umurnya adalah hal yang bijak bagi orang tua, begitu juga dengan gadget.

Apabila anak anda masih di Sekolah Dasar terus minta di belikan smartphone, yang sebenarnya belum terlalu dibutuhkan, anda sebaiknya membelikan pengganti untuk mengalihkan keinginannya meimilki smartphone tersebut,

Anda dapat memberikan penggantinya dengan, misal, game consol seperti Play Station, Nintendo, dan sebagainya, yang penggunaanya masih bisa anda kontrol.

2. Beri pengertian tentang gadget

Memberikan pengertian tentang gadget adalah tugas oranga tua, karena sebenarnya semua anak yang sudah tau gadget, pasti menginginkannya.

Apabila anak anda yang masih SD atau SMP tiba-tiba menginginkan gadget dengan alasan untuk komunikasi, anda dapat memberikan pengertian bahwa komunikasi juga bisa dengan HP biasa,

Dan apabila anak anda menginginkan smartphone dengan alasan untuk belajar, tentu anda sebagai orang tua bilang, "Kalau belajar itu pake buku pelajaran, bukan menggunakan smartphone."

Dan apabila anak anda menginginkan gadget agar bisa dapat pacar, tentu anda harus melarangnya, karena tugas anak sekolah adalah belajar dan mengerjakan PR, bukan untuk pacaran.

3. Awasi saat menggunakan gadget (Smartphone)

Hal ini dilakukan setelah anda memberikan gadget kepada anak anda, dan menurut saya pribadi, memberikan gadget yang sesuai adalah ketika anak sudah masuk SMA.

Karena Smartphone dapat terkoneksi dengan internet, dan dapat mencari informasi apa saja dengan internet. Usahakan sesekali anda mengecek smartphone anak anda, tentang apa yang dia cari di internet,

Apabila anak mencari informasi yang wajar, tentu tidak masalah, namun apabila anak mencari hal-hal yang sekiranya bertentangan dan dapat merusak (tentu anda paham). Anda harus menegur, dan melarangnya.

4. Batasi waktu pemakaian

Seperti kita ketahui bahwa menggunakan smartphone seperti chatingan, membuka instagram, facebook an, itu adalah hal yang menyenangkan.

Namun hal tersbut jangan sampai membuat anda terlena dan menghabiskan banyak waktu. Begitu juga dengan anak anda, apabila dia sudah mulai berlama-lama dengan smartphone nya, sebagai orang tua anda harus menegurnya, karena waktu harus dimanfaatkan untuk hal yang baik.

5. Lakukan dengan sabar

Sebagai orang tua tentu anda harus sabar dalam hal mendidik anak, namun anda juga harus tegas. Memberikan pengertian kepada anak tentang penggunaan gadget (smartphone) sudah pasti akan anda lakukan.

Saran saya adalah lakukan dengan sabar, penuh pengertian, sedikit tegas, dan harus logis, serta jangan lupa untuk selalu mendo'akan anak anda. Karena do'a orang tua besar pengaruhnya terhadap anak.

Dukung kami untuk terus menyajikan berita dan informasi kepada anda, dengan cepat dan tanpa iklan.

Donasi via Sociabuzz