5 Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas dan Lemot

Laptop adalah sebuah alat pendukung untuk produktivitas dalam sebuah pekerjaan, dan merupakan alat yang praktis, serta dapat menggantikan peran komputer.

Banyak hal yang bisa dilakukan dengan laptop, sebagai contoh adalah menulis, nonton film, menggambar, bahkan edit video.

Terlebih apabila anda adalah seorang mahasiswa, peran laptop menjadi sangat penting, karena dengan laptop kalian mengerjakan tugas kuliah.

Namun, pernahkah kalian mengeluhkan laptop kalian yang terkadang lemot/lambat, dan cepat panas. Sebenarnya itu adalah sebuah permasalahan umum pada laptop.

Berikut ini adalah 5 cara untuk kalian yang mengalami permasalahan laptop lemot/lambat dan cepat panas, semoga dapat membantu.

1. Perhatikan Spesifikasi Laptop

Penting untuk memperhatikan spesifikasi dari laptop sebelum anda menggunakannya untuk bekerja, sebelum anda menginstall software, pastikan dulu spesifikasi minimal dari software tersebut agar ketika digunakan dapat berjalan dengan lancar.

Sedikit saran untuk anda adalah, perhatikan apa yang anda kerjakan, kalau masih mampu menggunakan software dengan versi yang lama, jangan terburu-buru untuk mengupdate software tersebut, karena semakin update sebuah software, biasanya semakin tinggi spesifikasi minimal yang dibutuhkan.

2. Perhatikan Usia Laptop

Perkembangan proscessor untuk komputer dan laptop tergolong sangat cepat, hanya beberapa tahun saja intel sudah sampai pada generasi ke 7 yaitu Kaby Lake, dan pasti akan terus di kembangkan lagi.

Nah bagi anda yang merasa laptopnya mulai lemot dan cepat panas, anda harus cek lagi processor dari laptop anda, apakah yang baru atau yang lama. Karena perkembangan pada processor laptop sebenarnya selalu mengikuti perkembangan dari software yang digunakan.

Apabila di laptop anda terinstall software yang tergolong baru seperti Adobe Photoshop CC 2017, Corel Draw Graphic Suite 2017, dan MS Office 2017. Sedangkan laptop anda adalah intel dual core saja, tentu laptop anda akan lambat dan cepat panas ketika menjalankan software tersebut.

3. Cek program yang berjalan

Perhatikan software yang anda jalankan, misal ketika anda sedang menulis, kemudian membuka internet, menjalankan musik, memutar video, dan bermain game secara bersamaan, tentu laptop anda akan cepat panas, apalagi kalau spesifikasi laptop anda biasa saja.

Ada sedikit kesalah pahaman, ada yang bilang kalau laptop banyak di install aplikasi bisa jadi lemot. Sebenarnya gapapa di install banyak aplikasi, asal jangan dijalankan semua secara bersamaan.

4. install anti virus secukupnya

Anda tentu tidak megninginkan laptop terkena virus, dengan menginstall anti virus, hal yang anda lakukan tersebut sudah benar.

Dan Karena anti virus adalah program yang akan berjalan secara otomatis ketika laptop anda dinyalakan,

Saran saya adalah jangan install lebih dari satu program anti virus, karena akan membebani laptop anda. Lebih baik install satu anti virus saja tetapi selalu di update secara rutin.

5. Gunakan Laptop dengan bijak

Penggunaan laptop harus anda perhatikan, seperti jangka waktu laptop anda menyala, dan tempat laptop anda berada.

Karena laptop adalah sebuah mesin, yang semakin lama dinyalakan tentu akan panas dan mungkin dapat mengalami kerusakan.

Selain itu juga usahakan laptop berada di tempat yang datar dan bersih, jangan taruh laptop di atas kasur.

Dukung kami untuk terus menyajikan berita dan informasi kepada anda, dengan cepat dan tanpa iklan.

Donasi via Sociabuzz