5 Cara Mengembangkan Bisnis Dengan Bantuan Internet

Di zaman yang modern ini, hampir semua orang pasti tahu yang namanya facebook, twitter, instagram, dan sebagainya, bahkan hampir setiap hari orang membukanya, entah itu untuk update status, upload foto, baca status orang, atau kepoin mantan.

Penggunaan media Sosial selain untuk update status dan foto tiap hari, sebenarnya bisa juga digunakan untuk membantu anda dalam urusan bisnis, yaitu untuk membantu mempromosikan bisnis atau produk anda.

Nah berikut ini adalah 5 cara yang bisa anda lakukan untuk mengembangkan bisnis dengan bantuan internet dan Sosial Media.

1. Membuat fanspage facebook

Berbeda dengan akun facebook biasa, fanspage pada facebook adalah sebuah halaman yang dapat dibuat dengan akun facebook anda, fanspage hanya bisa di "like" yang berarti, apabila ada orang yang menge-like fanspage anda, maka dalam berandanya akan muncul gambar/pembaruan dari fanspage anda.

Di dalam fanspage anda dapat memasukan, foto produk, keterangan produk, alamat penjualan, alamat situs web, dan keterangan lain tentang bisnis anda.

2. Bergabung dengan grup jual beli di facebook

Di dalam facebook juga terdapat grup jual beli yang berisi tentang jual beli barang yang spesifik atau umum.

Tidak ada salahnya anda juga ikut bergabung di grup tersebut, dan sharing produk anda di dalam grup, tujuannya adalah untuk memperkenalan produk anda.

3. Memanfaatkan situs jual beli online

Sekarang ini jual beli online sedang ramai, banyak orang melakukan pembelian secara online dengan menggunakan smartphone atau berkunjung langsung ke situs jual beli online seperti, bukalapak, tokopedia, lazada, dan sebagainya.

Anda sebagai seorang produsen, tentu dapat memanfaatkan situs jual beli untuk membantu memasarkan bisnis dan produk anda.

4. Menggunakan Instagram

Instagram juga dapat dijadikan media untuk membantu anda dalam memasarkan sebuah produk, karena instagram juga merupakan salah satu sosial media yang banyak digunakan di Indonesia.

Hal tersebut terbukti dari banyaknya sebuah komen random dari akun yang mencoba memasarkan produknya.

5. Jangan abaikan keluhan pembeli

Selagi anda sibuk mempromosikan produk di media sosial, anda tetap harus menanggapi apabila mendapatkan sebuah keluhan dari pembeli atau calon pembeli. Karena keberadaan mereka sangat berharga bagi anda.

Perlu di ingat kembali, bahwa dengan menggunakan internet, sebuah informasi dapat menyebar dengan cepat, begitu juga dengan respon anda terhadap keluhan pembeli, entah itu respon yang baik atau yang kurang baik, hal tersebut tentu dapat mempengaruhi reputasi anda.

Dukung kami untuk terus menyajikan berita dan informasi kepada anda, dengan cepat dan tanpa iklan.

Donasi via Sociabuzz