5 Cara Merawat Laptop Agar Lebih Awet Dan Tidak Cepat Rusak

Laptop adalah alat yang praktis, dapat dibawa kemana-mana, dan fungsinya dapat menggantikan komputer. Namun laptop juga salah satu perangkat yang mudah rusak, baik itu kerusakan yang disebabkan karena faktor internal atau faktor eksternal,

Misalnya rusak karena terkena virus, atau rusak karena terjatuh dan terkena air. Oleh sebab itu, apabila anda adalah pengguna laptop, anda harus berhati-hati agar laptop anda tetap awet dan tidak cepat rusak. Berikut ini ada beberapa tips untuk membantu anda dalam merawat laptop;

1. Bersihkan dari debu yang menempel

Sekalipun anda berada di ruangan yang bersih, misal di dalam kamar atau di dalam ruangan kantor, laptop anda pasti akan ditempeli debu, maka dari itu anda harus rajin membersihkannya.

Bersihkan badan laptop dan juga meja yang anda gunakan untuk menaruh laptop, hal ini bertujuan agar debu tidak masuk ke dalam mesin laptop.

2. Hati-hati saat membawa

Apablia anda adalah seorang yang suka membawa laptop, misal kekantor, ke kampus, atau mungkin hanya sekedar untuk mencari wifi.

Pastikan anda untuk berhati-hati ketika membawa, hati-hati terhadap guncangan, apalagi kalau anda perginya menggunakn motor, saran saya adalah menggunakan tas gendong, karena akan lebih stabil.

3. Install aplikasi secukupnya

Poin yang ketiga adalah mengantisipasi terhadap kerusakan internal pada laptop, yang bisa saja karena anda terlalu banyak menginstall aplikasi. Maka dari itu, install aplikasi secukupnya saja. Install aplikasi yang memang sering anda gunakan.

Ini hanya sekedar tips untuk anda, laptop sebenarnya memiliki keterbatasan bila dibandingkan dengan komputer, terutama dalam hal game,

Walaupun sekarang ini banyak laptop yang memiliki spesfikasi tinggi dan dapat menjalankan game dengan lancar, namun alangkah baiknnya ketika anda bermain game tidak pada laptop, melainkan pada komputer yang memang anda buat untuk bermain game.

Alasanya adalah apabila terjadi kerusakan, suku cadang pada laptop lebih susah dicari dibandingkan dengan komputer.

4. Melakukan scan pada laptop

Poin yang ke empat adalah perawatan internal pada laptop dengan cara melakukan "scan", scan ini bertujuan untuk membersihkan laptop anda dari file-file yang tidak dibutuhkan.

Banyak sekali aplikasi atau software yang bisa digunakan untuk melakukan scan pada laptop, misal CCleaner, Tune Up Utilities, Advance System Care, dan sebagainya.

5. Melakukan update antivirus

Pada laptop anda tentu sudah terinstall anti virus untuk mencegah dari terkena virus, hal tersebut tentu sudah benar anda lakukan,

Namun perlu diperhatikan juga bahwa anti virus pada laptop anda harus selalu di Update, agar apabila ada jenis virus baru yang muncul, anti virus anda dapat mengatasinya.

Sebenarnya semua jenis software anti virus itu bagus, yang tidak bagus adalah anti virus yang tidak di Update.

Dukung kami untuk terus menyajikan berita dan informasi kepada anda, dengan cepat dan tanpa iklan.

Donasi via Sociabuzz