5 Hal Penting Saat Jadi Pemimpin yang Perlu Anda Tahu

Menjadi seorang pemimpin adalah sebuah kebanggaan, karena dengan menjadi pemimpin berarti anda mendapatkan kepercayaan dari orang lain.

Sebenranya semua orang bisa menjadi pemimpin dan mungkin saja anda sudah menjadi pemimpin, karena bisa jadi anda adalaha sorang pemimpin keluarga, ketua kelas, ketua osis, atau pemimpin sebuah perusahaan yang sedang anda kelola.

Nah berikut ini adalah 5 Hal Penting Saat Jadi Pemimpin yang Perlu Anda Tahu

1. Perhatian dengan anggota

Setelah anda menjadi seorang pemimpin, tentu anda tidak boleh melupakan orang yang sudah memberi kepercayaan kepada anda.

Misal anda adalah pemimpin sebuah perusahaan, walaupun anda bekuasa di perusahaan tersebut, anda harus ingat bahwa peran anggota dari perusahaan anda sangatlah penting karena merekalah yang membantu anda dalam menjalankan visi dan misi perusahaan.

Begitu pula dalam keluarga, anda sebagai kepala keluarga juga harus perhatian dengan anggota keluarga, meskipun terkadang disibukan dengan aktivitas pekerjaan yang melelahkan, sebisa mungkin sesampai di rumah anda tetap membawa keceriaan untuk keluarga anda.

2. Taat pada aturan

Poin yang kedua adalah memberi contoh yang baik terhadap anggota dengan cara taat terhadap peraturan.

Dengan sosok pemimpin yang baik dan taat terhadap peraturan yang mungkin anda sendiri yang membuatnya, tentu anggota dari yang anda pimpin akan meniru anda dalam hal menaati peraturan tersebut.

3. Mampu mencari solusi

Pemimpin adalah seorang yang terpilih, seorang yang pintar dan memang di anggap mampu untuk membawa anggotanya menuju sebuah tujuan yang sudah ditentukan, misal anda adalah pemimpin keluarga, tentu anda harus mampu mewujudkan keluarga yang bahagia dan sejahtera.

Namun disaat anda memimpin, sebuah masalah mungkin saja muncul, nah disaat itulah peran anda sebagai pemimpin diuji, bagaimana cara anda mencari sebuah solusi unguk menyelesaikan permasalaha tersebut.

4. Jangan berlebihan

Sebagai seorang pemimpin anda boleh saja menegur atau memarahi anggota yang salah dan melanggar aturan, namun tetap diusahakan untuk tidak berlebihan,

Marah boleh tapi secukupnya saja, sekiranya anggota anda mengerti untuk tidak mengulangi kesalahannya.

5. Bertanggung jawab

Poin yang terakhir adalah bertanggung jawab, yah semua orang tahu kalau menjadi pemimpin harus bertanggung jawab, namun yang mau saya sampaikan disini adalah "mau" untuk bertanggung jawab,

Contoh sederhana adalah misal anda adalah pemimpin keluarga, kemudian anak anda yang merupakan anggota anda melakukan sebuah kesalahan, tentu anda harus bertanggung jawab atas kesalahan si anak, dengan cara anda harus mau meminta maaf atau mengganti rugi atas kesalahan anak anda.

Itulah beberapa hal yang perul diperhatikan ketika menjadi pemimpin, terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat. Hal lain yang perlu di ingat adalah ketika anda menjadi pemimpin, anda tetaplah anggota dari sebuah organisasi yang lebih besar lagi.

Dukung kami untuk terus menyajikan berita dan informasi kepada anda, dengan cepat dan tanpa iklan.

Donasi via Sociabuzz