5 Tips Bagi Orang Tua Yang Punya Anak Umur SMP

Memperhatikan perkembangan anak adalah sebuah kewajiban bagi orang tua, dalam hal ini juga perkembangan pergaulannya,

alasan kenapa saya menulis judul di atas adalah, di saat SMP anak akan mengalami perkembangan dalam pergaulan,

dan di saat umur-umur SMP lah anak akan mulai menyukai lawan jenisnya. Inilah yang harus di perhatikan oleh para orang tua.

Berikut ini adalah 5 Tips Bagi Orang Tua Yang Punya Anak Umur SMP

1. Selalu tanyakan teman mainnya

Berteman merupakan hal yang wajar, namun sebagai orang tua, anda juga harus tau anak anda bermain dengan siapa.

Karena seorang teman dapat mempengaruhi orang lain, apabila anak anda bermain dengan teman yang pintar, kemungkinan anak anda juga akan ikut pintar, karena obrolannya mungkin saja seputar pelajaran sekolah.

2. Lebih perhatian dengan pergaulannya

Perhatikan perubahan-perubahan yang terjadi pada anak anda ketika masuk SMP, mungkin dari cara bicaraya, cara berpakaiannya, dan perilakunya.

Apabila anak anda mulai menunjukan perilaku yang sedikit menyimpang, seperti mulai main di malam hari, anda harus segera menegurnya, karena di malam hari seharusnya anak anda belajar di rumah.

3. Jalin hubungan baik dengan gurunya

Ini adalah hal yang penting, anda dapat melakukan hal ini dengan cara menyimpan kontak/nomer HP dari guru anak anda, atau sesekali berkunjung ke rumah guru anak anda.

Dengan menjalin hubungan baik dengan guru anak anda, maka guru di sekolah akan tahu anak anda yang mana, dan mungkin saja anak anda akan mendapat perhatian lebih dari gurunya.

4. Perhatikan Hobi anak anda

Memperhatikan hobi anak anda adalah hal yang penting, karena dari hobi, mungkin bisa menjadi karirnya kelak ketika dewasa, misal anak anda hobi menyanyi, bermain alat musik, menggambar, atau menulis.

Anda sebagai orang tua diusahakan dapat melihat potensi anak anda terkait hobi yang dia sukai.

5. Ajarkan cara menjadi dewasa

Ketika umur-umur anak anda SMP menurut saya adalah saat yang tepat untuk mulai mengajarkan anak anda sikap ke dewasaan, yang dimaksud kedewasaan di sini adalah, sikap untuk mulai mengontrol dirinya.

Hal yang berkaitan dengan mengontro diri ini misalnya, apabila anak anda mendapatkan sebuah permasalahan, ajak dia untuk bercerita dan ajarkan dia untuk berpikir bagaimana cara menghadapi persoalan tersebut.

Dukung kami untuk terus menyajikan berita dan informasi kepada anda, dengan cepat dan tanpa iklan.

Donasi via Sociabuzz