5 Tips Supaya Tidak Salah Jurusan Kuliah yang perlu kamu Tahu

Kuliah adalah tahapan menuntut ilmu setelah lulus Sekolah Menengah Atas, seperti SMA, SMU, SMK, dan sebagainya. Sama seperti sekolah pada umumnya, di perkuliahan ada juga Perguruan Tinggi Negeri, dan Perguruan Tinggi Swasta. Dan biasanya Perguruan Tinggi Negeri lebih menjadi inacran.

Perlu kalian ketahui bahwa setelah masuk kuliah, ada beberapa mahasiswa yang merasa dirinya salah masuk jurusan, hal tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti, kurang bisa mengikuti pengajaran di jurusan, atau masuk jurusan kuliah atas saran dari orang lain.

Tentu hal tersebut diusahakan jangan sampai terjadi, karena kuliah harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Berikut ini ada beberapa tips, untuk kalian yang mau meneruskan kuliah setelah lulus Sekolah Menengah Atas, agar tidak merasa salah masuk jurusan.

1. Pahami kelebihan diri

Pertama adalah memahami kelebihan dari diri kalian sendiri, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti melihat pelajaran apa yang disukai, atau pelajaran apa yang sewaktu sekolah SMA kalian mendapat nilai yang tinggi.

Dengan memahami kelebihan diri sendiri tentu kalian dapat menentukan pilihan jurusan kulian dengan tepat.

2. Cari jurusan yang disukai

Di luar dari pelajaran yang ada di SMA, sebenarnya pilihan jurusan kulian lebih banyak lagi, seperti jurusan kelautan, jurusan hukum, jurusan Kedokteran, dan sebagainya.

Dengan banyaknya pilihan jurusan, diharapkan proses perkulian menjadi sesuai dengan keinginan anda sendiri. Sehingga anda mempelajari bidang ilmu yang memang anda sukai dan anda inginkan.

3. Perhatikan alternatif jurusan

Pada saat akan melakukan pendaftaran kuliah di Perguruan Tinggi Negeri, kalian diharuskan memilih beberapa alternatif jurusan kuliah sebelum mengikuti Tes masuk.

Biasanya disuruh memilih dua atau tiga alternatif jurusan. Saran saya adalah perhatikan dengan baik pilihan jurusan, tersebut karena belum tentu pilihan pertama yang berhasil diterima, jadi walaupun pilihan yang kedua yang diterima, kalian tetap masuk di jurusan yang masi kalian minati.

4. Pahami jenis pekerjaan

Setelah lulus kuliah tentu anda akan mencoba mencari pekerjaan, nah disini faktanya banyak dari mahasiswa yang sudah lulus kuliah, mereka mendapatkan pekerjaan yang berbeda dari jurusan kuliahnya,

Sebenarnya tidak masalah, karena yang penting dapat kerja, dan bisa bekerja, namun alangkah baiknya kalau anda bekerja sesuai dengan jurusan sewaktu anda berkuliah.

Maka dari itu, perhatikan profesi pekerjaan yang memang anda inginkan, dan kuliah di jurusan yang mempelajari bidang ilmu dari profesi tersebut.

5. Meyakinkan orang tua anda

Jurusan kuliah terkadang juga ditentukan oleh orang tua anda, yang menginginkan anaknya menjadi seperti yang mereka inginkan.

Sebenarnya tidak menjadi masalah kalau anda juga setuju dengan orang tua, namun apabila anda punya pilihan sendiri dengan jurusan kuliah,

Sebaiknya anda diskusikan dengan baik dengan orang tua, dan yakinkan mereka dengan kemampuan dan kelebihan anda dalam bidang ilmu terkait jurusan yang anda inginkan.

Karena akan lebih totalitas ketika anda mempelajari bidang ilmu yang memang anda inginkan.

Dukung kami untuk terus menyajikan berita dan informasi kepada anda, dengan cepat dan tanpa iklan.

Donasi via Sociabuzz