5 Tips Template Blog Agar Cepat dan Banyak Pengunjung

Membuat blog adalah sebuah hobi, atau bisa dibilang blog adalah sebuah media untuk menyalurkan hobi anda dalam berbagi artikel untuk orang lain.

Ketika anda mulai membuat blog, tentu akan memilih Template atau Tema yang sesuai dengan selera anda.

Banyak sekali Template blog yang ada di internet, baik yang gratis, maupun yang berbayar. Dengan banyaknya pilihanTemplate, tentu anda akan bingung memilihnya.

Biasanya seorang blogger akan memilih Template yang tampilannya bagus, fiturnya lengkap dan responsif. 

Selain tiga hal tersebut, sebenarnya masih ada hal lain yang perlu diperhatikan saat anda memilih template agar blog makin Cepat dan Banyak Pengunjung, diantaranya adalah;

1. Perhatikan waktu render template

Waktu render template sederhananya adalah, waktu yang dibutuhkan untuk template tersebut selesai dan tampil seutuhnya.

Anda dapat mengecek kecepatan render template dengan menggunakan website khusus yaitu gtmetrix.com , smallseotools.com , dan sebagainya. Semakin cepat sebuah template di render , tentu semakin bagus.

2. Perhatikan tampilan homepage

Template blog biasanya dipilih karena tampilan home nya, yang banyak dicari adalah template blog yang tmapilan home nya banyak menampilkan konten pilihan.

Dan jenis template tersebut adalah "Magazine" atau "Mag" template. Namun perlu anda ketahui, bahwa tampilan home yang banyak terdapat gambar, tentu akan membuat loading blog menjadi semakin lama.

Saya sarankan untuk menggunakan template yang sederhana saja, ringan dan responsif.

3. Cek Tampilan Mobile

Tampilan mobile adaah saat blog anda di akses dengan menggunakan smartphone, karena sekarang banyak orang membuka internet dengan smartphone,

Blog anda juga harus rapi saat di buka dengan smartphone, sehingga pengunjung tetap nyama ketika membaca blog anda dari smartphone-nya.

4. Tambahkan widget secukupnya

Widget adalah salah satu fitur blog yang banyak sekali macamnya, yang biasanya digunakan adalah widget label, archive, popular post, dan statistik blog.

Anda harus memilih widget apa yang sebaiknya ditampilkan di blog, tentu dalam hal ini anda akan belajar dari blog yang sering anda kunjungi.

Dan jangan sampai blog anda menampilkan widget yang sekiranya tidak terlalu penting, karena keberadaan widget juga akan mempengaruhi kecepatan loading blog anda.

5. Jangan terlalu banyak edit

Ketika kita akan memasang template blog, biasanya ada petunjuknya yang disediakan oleh pembuat template. Hal tersebut mengharuskan anda mengedit beberapa kode html yang sebelumnya pasti tidak anda mengerti.

Namun edit template di html pasti akan cepat anda pahami, karena banyak sekali tutorialnya. Namun anda tetap harus berhati-hati ketika mulai edit template.

Karena salah satu karkater saja, dapat mengakibatkan template anda menjadi rusak dan eror. Maka dari itu, edit template secukupnya saja, sesuai dengan petunjuk si pembuat template.

Dukung kami untuk terus menyajikan berita dan informasi kepada anda, dengan cepat dan tanpa iklan.

Donasi via Sociabuzz