Inilah 5 Alasan Mengapa Jangan Terlalu Sering Begadang

Bagi seorang remaja, dewasa, maupun orang tua, tentu tidak asing lagi dengan hal yang satu ini yaitu begadang, pada umumnya begadang adalah ketika ada seseorang sengaja terbangun sampai larut malam untuk melakukan sebuah aktivitas,

Misal nonton bola, bekerja, atau sekedar berkumpul dengan teman. Hal tersebut memang terkadang sulit untuk di ingkari, karena terdapat hal yang seru ketika begadang.

Terdapat banyak hal yang menarik ketika begadang, namun tentu akan terjadi dampak pada diri anda ketika begadang, nah beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang dampak dari begadang serta alasan kenapa anda jangan terlalu sering begadang adalah sebagai berikut.

1. Dapat mengganggu kesehatan

Pertama adalah dapat mengganggu kesehatan, alasannya adalah dalam kurun waktu 24 jam tubuh manusia harus di istirahatkan

Dan waktu yang paling tepat untuk istirahat adalah pada malam hari, dan apabila anda begadang tentu waktu istirahat pada malam hari akan berkurang.

2. Menjadi kurang fokus

Poin yang kedua adalah menjadi kurang fokus, karena apabila anda begadang tentu kemungkinan besar akan mengantuk di siang hari, nah dari rasa ngantuk inilah dapat berpotensi mengganggu pekerjaan anda,

Atau bagi anda yang masih sekolah kemudian mengantuk di kelas, tentu pelajaran yang disampaikan oleh guru anda menjadi kurang bisa dipahami dikarenakan rasa ngantuk yang anda alami.

3. Susah untuk bangun pagi

Poin yang ketiga adalah susah untuk bangun pagi. Hal ini terjadi karena pada saat anda begadang di malam hari, tentu pada pagi harinya anda masih merasa ngantuk.

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui, ini berdasarkan dari pengalaman saya pribadi. Bagi orang remaja maupun dewasa, dalam jangka waktu 24 jam kita butuh tidur minimal 8 jam di malam hari,

Dan 8 jam tersebut sudah cukup untuk tidak membuta kita mengantuk di siang hari. Namun dari pengalaman saya pernah dalam 24 jam hanya tertidur 6 jam saja.

Dari 6 jam tersebut saya masih bisa bangun tepat waktu di pagi hari.

4. Tidur menjadi kurang teratur

Alasan ke empat adalah tidur menjadi kurang teratur, apabila anda terlalu sering begadang yang akan terjadi adalah, anda akan lebih sering tidur siang, dan apabila hal ini sudah menjadi kebiasaan, akan susah untuk kembali teratur,

Dan bagi anda yang mengalami hal ini, ada beberapa tips dari saya untuk anda kembali tidur teratur. Caranya adalah sebisa mungkin untuk tidak tidur di siang hari,

Hal ini bisa disiasati dengan anda minum kopi di pagi atau siang hari. Dan ketika malam tiba usahakan untuk langsung tidur tepat waktu.

5. Beberapa kerugian lain yang mungkin terjadi

Beberapa kerugian atau dampak lain dari begadang diantaranya adalah, anda memiliki kantung mata yang menghitam, ngantuk saat di ajak ngobrol di siang hari, merasa nagntuk saat bekerja, kemungkinan anda menjadi tidak tepat waktu atau telat, dan mengganggu konsentrasi disaat berkendara.

Dari beberapa kerugian tersebut tentu perhatikan lagi ketika anda akan begadang, karena "begadang jangan begadang kalau tidak ada artinya".

Itulah artikel yang membahas tentang alasan mengapa jangan terlalu sering begadang, terimakasih sudah berkunjung dan membaca, semoga bermanfaat.

Dukung kami untuk terus menyajikan berita dan informasi kepada anda, dengan cepat dan tanpa iklan.

Donasi via Sociabuzz