Inilah 5 Contoh Perbuatan Sederhana Namun Baik Bila Sering Dilakukan

"Berbuat baik" tidak ada yang salah dengan berbuat baik, yang salah adalah ketika ada seseorang menghalangi orang lain untuk berbuat baik.

Namun hal tersebut biasanya dilakukan tanpa disadari, sebagai contoh adalah, ketika anda misalnya suatu ketika curhat kepada teman anda namun tanpa disadari anda curhat terlalu lama,

Sehingga waktu yang seharusnya bisa dihabiskan untuk melakukan hal lain yang mungkin lebih baik, habis untuk curhat saja.

Nah dari contoh tersebut diharapkan ketika kita akan melakukan sesuatu memang harus di pikirkan dan di perkirakan terlebih dahulu.

Pernahkah anda berpikir bahwa kebaikan bisa mendatangkan kebahagiaan ?. apabila anda berpikir demikian, selamat anda termasuk orang baik. nah berikut ini adalah 5 contoh perbuatan sederhana namun baik bila sering anda lakukan.

1. Niat berbuat baik

Yang pertama adalah niat berbuat baik, karena setiap perbuatan pasti di awali dengan niat atau rencana. Pertanyaannya adalah, apakah sekarang anda punya niat baik ?, kalau iya, bagus.

Karena walaupun hanya niat berbuat baik, mungkin anda akan mulai sedikit demi sedikit melakukan sebuah usaha untuk mewujudkan niat baik anda.

2. Memberikan bantuan kepada yang membutuhkan

Kedua adalah memberikan bantuan kepada yang membutuhkan, hal ini sebenarnya sangat mudah dipahami dan saya yakin anda juga paham, namun terkadang sulit untuk dilakukan, dikarenakan oleh banyak hal, misal malas, rasa kurang peduli, atau merasa tidak mampu untuk membantu.

Pernahkah ada seseorang yang minta tolong kepada anda, atau dengan sengaja mengatakan bahwa orang tersebut membutuhkan bantuan anda ?.

Hal ini sangat mungkin terjadi, dan ada kemungkinan juga anda tidak memberikan bantuan dikarenakan sebuah alasan.

Saran saya adalah, ketika anda mempunyai alasan untuk tidak memberikan bantuan, cobalah untuk memikirkannya sekali lagi, apakah dengan alasan yang anda miliki, anda harus membantunya atau tidak.

3. Membuang sampah pada tempatnya

Ketiga adalah membuang sampah pada tempatnya, mungkin sudah banyak orang yang bilang bahwa "Buanglah sampah pada tempatnya", namun pernahkah anda berpikir bahwa kenapa kalimat perintah itu sering muncul ?,

Jawabanya yang paling logis adalah, karena masih banyak orang yang membuang sampah sembarangan.

Maka dari itu, sekali lagi saya ingatkan, untuk "membuang sampah pada tempatnya", ini perbuatan yang gampang kok, dan yakin semua orang pasti bisa.

4. Tidak ikut menggosip

Yang ke empat adalah tidak ikut menggosip, disini perlu di ketahui dulu bahwa menggosip itu adalah ngomognin orang secara berlebihan bahkan sampai membahas tentang keburukan orang tersebut. Mungkin akan muncul pertanyaan,

"lhah terus kita ngapain dong kalau ga nge gosip ?". di sini akan saya coba beri beberapa alternatif lain untuk sebuah pembicaraan yang seru;
  • Cobalah untuk menceritakan tentang diri anda sendiri, misal pengalaman anda atau hal menarik yang pernah anda lalui.
  • Cobalah untuk menceritakan kebaikan dari orang lain, ini juga ngomongin orang lain, tapi omongkan yang baik-baiknya saja, jangan sampai keburukan orang tersebut ikut masuk dalam pembicaraan.

5. Tepat waktu

Yang ke lima adalah "tepat waktu", kita pasti pernah tepat waktu, dan juga pernah tidak tepat waktu atau telat. Apalagi kalau soal janjian ketemu temen atau janjian kumpul bareng, biasanya akan ada satu atau dua orang yang telat.

Tepat waktu adalah sebuah sikap yang ada pada diri seseorang, nah pertanyaannya adalah bagaimana sikap tersebut ada pada diri kita ?,

Saran saya adalah bisa dimulai dengan anda berlatih untuk tepat waktu kepada diri anda sendiri, misal dengan anda tidak menunda-nunda ketika akan melakukan sesuatu.

Nah itulah contoh perbuatan sederhana namun baik bila sering anda dilakukan, semoga artikel ini bermanfaat, dan anda menjadi orang yang lebih baik lagi.

Dukung kami untuk terus menyajikan berita dan informasi kepada anda, dengan cepat dan tanpa iklan.

Donasi via Sociabuzz