Keuntungan dan kerugian ROOT Android yang Perlu Anda Tahu

Tentu anda pernah mendengar istilah ROOT pada smartphone khususnya dengan sistem operasi Android, mungkin tahu dari teman anda atau dari internet. Setelah mendengar kemudian anda mencari tahu, apa sih ROOT itu ?, dan bagaimana sih caranya ?.

Pengertian sederhananya adalah ROOT pada Smartphone merupakan sebuah proses yang dilakukan pada smartphone android sehingga anda dapat mengatur kinerjanya secara lebih mendalam, seperti mengatur kecepatan Processornya, mengatur jumlah core yang berjalan, dan sebagainya.

Namun perlu di ketahui bahwa melakukan ROOT pada smartphone selain anda mendapatkan keuntungan, anda juga akan mendapatkan beberapa kerugian. Penjelasannya adalah sebagai berikut;

Keuntungan

1. Dapat menghapus semua aplikasi

Dengan melakukan ROOT pada smartphone android, anda dapat menghapus semua aplikasi yang menurut anda tidak terlalu dibutuhkan.

Mungkin ada yang bilang, "tanpa ROOT kan juga bisa?', perbedaannya adalah, tanpa ROOT aplikasi tersebut hanya bisa di "disable" yang artinya masih terinstall, namun sudah tidak muncul di tampilan menu.

2. Bisa install aplikasi khusus ROOT

Tentu dengan melakukan ROOT, anda dapat menginstall aplikasi yang membutuhkan akses ROOT ketika di Install, seperti aplikasi Kernel Adiutor, Smart Booster, Greenify, dan sebagainya, yang mana dengan aplikasi tersebut anda dapat lebih mengotak-atik smartphone anda.

3. Dapat mengoptimalkan performa smartphone

Setelah melakukan ROOT, dan menginstall aplikasi khusus ROOT, dan kemudian anda memang benar-benar paham cara menggunakannya,

Tentu hal tersebut dapat mengoptimalkan smartphone anda misal, jadi lebih irit baterai, jadi lebih lancar untuk main game, dan sebagainya.
 

Kerugian

1. Hilang garansi

Hal ini menjadi resiko anda ketika melakukan ROOT, karena terdapat keterangan yang jelas ketika anda telah melakukan ROOT, garansi pada smartphone anda akan hilang,

Jadi apabila HP anda rusak dan eror, Service Centre dari merek HP anda akan menolak untuk membantu anda, dan anda harus memperbaikinya sendiri.

2. Susah update secara resmi

Update yang dimaksud adalah update versi android, misal dari Kitkat ke Lolipop atau dari Marshmalow ke Nougat.

Sebenarnya update versi android adalah hal yang tidak wajib anda lakukan, namun hal ini memiliki gengsi tersendiri, tentu anda akan merasa hp anda jadul kalau masih kitkat sedangkan teman anda sudah versi terbaru yaitu android N (Nougat)

3. Resiko Hp rusak

Ketika anda akan melakukan proses ROOT pada smartphone tentu anda akan mengunjungi sebuah website dan mendownload program yang dibutuhkan,

Namun apabila anda teliti dan baca keterangan lebih lanjut di website tersbut biasanya ada istilah DWYOR (Do With Your Own Risk), yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah, "lakukan dengan resiko di tanggung oleh anda".

Dukung kami untuk terus menyajikan berita dan informasi kepada anda, dengan cepat dan tanpa iklan.

Donasi via Sociabuzz