Pilih Laptop Atau Komputer, Baca 5 Tips Berikut ini Biar Yakin

Bagi anda yang berprofesi sebagai pekerja kantoran, guru, atau seorang mahasiswa tentu membutuhkan alat pendukung untuk membantu anda mengerjakan tugas, dan tidak lain lagi alat ini adalah laptop atau komputer.

Dan ketika anda bingung akan membeli laptop atau komputer, sebaiknya anda perhatikan beberapa hal berikut ini, agar semakin yakin dengan perangkat yang memang benar-benar anda butuhkan.

1. Perhatikan Dari segi kebutuhan

Poin yang pertama ketika memilih laptop atau komputer adalah, perhatikan dari segi kebutuhan, contoh sederhana adalah misal anda seorang mahasiswa yang banyak mengerjakan tugas kuliah, baik tugas individu maupun tugas kelompok, nah untuk anda yang seorang mahasiswa tentu membutuhkan perangkat yang praktis dan mudah untuk dibawa kemana-mana, sehingga perangkat yang efektif adalah laptop.

Contoh lain adalah anda yang bekerja kantoran, yang masih harus mengerjakan tugas kantor saat berada di rumah, maka perangkat yang disarankan adalah komputer atau PC

2. Perhitungkan biaya yang akan dikeluarkan

Sebelum anda membeli laptop atau komputer tidak ada salahnya untuk mencari tahu kisaran harga masing-masing,

Dan sejauh ini PC/komputer masih lebih mahal dibandingkan laptop, walaupun ada juga laptop gamming yang harganya mahal. Jadi sesuaikan budget anda dengan perangkat yang akan anda beli.

3. Pelajari cara perawatan

Komputer dan laptop memiliki cara perawatan yang berbeda, dan tidak ada salahnya anda mempelajari cara perawatan dari perangkat yang akan anda beli.

Bagi anda yang tidak ingin cara perawatan yang agak ribet di komputer, dapat memilih laptop saja.

4. Jenis pekerjaan yang dilakukan

Poin yang keempat ini cukup penting, yaitu anda harus menyesuaikan perangkat yang anda gunakan dengan pekerjaan yang anda lakukan,

Misal pekerjaan anda adalah seorang arsitek yang bekerja menggambar bangunan hingga membuat animasi 3 Dimensi,

Dengan pekerjaan yang seperti itu maka alat yang cocok untuk anda adalah komputer karena komputer dapat dengan mudah di upgrade sesuai selera anda.

Contoh lain adalah jika anda seorang guru yang bekerja mengajar, presentasi atau membuat modul, jadi lebih ke menulis, dan tidak terlalu membutuhkan spesifikasi perangkat yang tinggi, tentu anda lebih baik menggunakan laptop.

5. Kelebihan dan Kekurangan masing-masing

Poin yang kelima adalah kelebihan dan kekurangan masing-masing.
  • Komputer
Kelebihan
  1. Suku cadang mudah didapatkan
  2. Spesifikasi dapat dengan mudah di upgrade 
Kekurangan
  1. Kurang praktis
  2. Perawatan yang lumayan ribet
  • Laptop
Kelebihan
  1. Praktis mudah dibawa kemana-mana
  2. Harganya lebih terjangkau
  3. Perawatan mudah
Kekurangan
  1. Spesifikasi terbatas, tidak bisa di upgrade
  2. Suku cadang terkadang susah didapatkan
Itulah artikel tentang pembahasan cara memilih laptop atau komputer, mohon maaf apabila ada kekurangan. Terimakasih sudah berkunjung di blog Lintasid.com, semoga bermanfaat.

Dukung kami untuk terus menyajikan berita dan informasi kepada anda, dengan cepat dan tanpa iklan.

Donasi via Sociabuzz